23 Juni Pendistribusian Terakhir Logistik Pilkada

 Kapuas Hulu

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero melepas distribusi logistik Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar untuk diteruskan ke tingkat TPS, di depan gudang logistik KPU.

Kapuas Hulu,KRP.Com-Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Ahmad Yani, menuturkan, pendistribusian logistik Pilkada Kalimantan Barat mulai disalurkan pada 22 Juni hingga 23 Juni mendatang. Pada 22 Juni, logistik telah disalurkan mereka pada sebelas kecamatan.

“Sebebelas kecamatan yang di distribusi logistik hari ini adalah kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis, Mentebah, Bunut Hulu, Boyan Tanjung, Pengkadan, Hulu Gurung, Embaloh Hilir, dan Bunut Hilir. Sisanya di tanggal 23 nanti,” ujar Yani, saat mendampingi Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero saat melepas distribusi logistik Pemilukada Kalbar, Jumat (22/6) siang. Penyaluran logistik yang dimaksud berupa surat suara dan kelengkapan Pemilu lainnya.

Lokasi tersulit, menurut Yani adalah daerah Tanjung Lokang di Kecamatan Putussibau Selatan. Sebab, diakui dia, akses untuk menggapai lokasi tersebut hanya jalur sungai dengan jarak tempuh yang cukup lama serta medan yang sulit. “Namun kami berharap setelah hari ini berangkat, besok sudah sampai di desa,” paparnya.

Yani memastikan logistik Pemilu yang disalurkan tersebut bakal mendapatkan pengawalan ketat dari aparat penegak hukum. “Penempatan logistik sendiri rata-rata di kantor camat. Logistik tersebut juga dilakukan full pengamanan,” ucapnya.¬†

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Musta’an, menegaskan bahwa pihaknya melakukan pengawasan melekat terhadap pendistribusian logistik pemilihan. Dimisalkan dia dari KPU menuju PPK, di mana pihaknya mengutus dua orang pengawas dari Panwaslu. Kemudian jika sudah di PPK, dipastikan dia, akan diawasi oleh masing-masing Panwascam. Demikian selanjutnya, dijelaskan dia, sampai ke tingkat bawah akan diawasi oleh PPL dan PTPS di masing-masing desa dan TPS.

Demikian juga dengan alat peraga kampanye (APK), tegas Musta’an, memasuki masa tenang sudah wajib sudah bersih dan diturunkan oleh masing-masing tim pasangan calon. “Secara kesekuruhan pengawasan di semua tingkatan dan tahapan sudah kami lakukan secara maksimal. Panwascam dan PPL serta PTPS sudah melaksanakan tuga dengan baik. Jujur, adil, dan tidak memihak. Dengan tetap menjaga integritas diri dan lembaga,” papar dia.

Sementara itu Wabup Antonius L Ain Pamero menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu tetap men-support apa yang dilakukan KPU. Sebab beberapa hari lagi, diingatkan dia, akan dilaksanakan Pilkada Kalbar, yakni pada 27 Juni. “Kami melihat KPU Kapuas Hulu betul-betul sudah bekerja sesuai jadwal dan tahapan yang ditentukan,” tuturnya.

Wabup berharap semua logistik sudah dipastikan lengkap oleh KPU. Kemudian langkah antisipasi juga diharapkan dia agar sudah disiapkan pada lokasi-lokasi yang sulit dilalui. Wabup juga mengimbau agar masyarakat di Bumi Uncak Kapuas berpartisipasi aktif dalam pemilu.

“Saya minta masyarakat luangkanlah waktu pada tanggal 27 Juni ini untuk memilih pemimpin kita, atau memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat,” tegasnya. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply