Banjir Bandang Landa Kapuas Hulu, Jalur Menuju Putussibau Lumpuh

 Kapuas Hulu

Kapuas Hulu,KRP.Com-Hujan lebat yang terjadi pada Minggu (27/5) malam hingga Senin (28/5) pagi berdampak langsung pada peningkatan debit air disejumlah anak sungai di beberapa kecamatan. Akibatnya akses transportasi dari dan tujuan Putussibau hingga Senin (28/5) pukul 10.00 Wib lumpuh total.

Salah satu titik yang paling dalam dengan ketinggian 1 meter hingga 1, 5 meter berada di Jalan Lintas Selatan Desa Riam Piyang Kecamatan Bunut Hulu. Akibatnya transportasi dari dan tujuan kota Putussibau lumpuh total.

“Saya dari pagi jam 06.00 Wib dari Boyan Tanjung hendak ke Putussibau. Pas di Riam Piyang tidak bisa lewat. Karena jalan lintas selatan terendam banjir dengan kedalaman 1 mater sampai 1,5 meter,” tutur Bambang Hermansyah Warga Boyan Tanjung, Senin (28/5).

Selain di Kecamatan Bunut Hulu, kata Bambang, banjir dadakan (bandang) juga melanda kecamatan Boyan Tanjung, Mentebah, Kalis dan Putussibau Selatan. “Untuk hari ini ruas jalan Lintas Selatan mulai dari Putussibau hingga ke Silat Hilir perbatasan Kabupaten Sintang beberapa titik terendam banjir. Cuma kedalamannya berpariasi,”terang Bambang.

Banjir Bandang juga terjadi di kecamatan Silat Hulu. Yokinson, Ketua Panwascam Silat Hulu mengatakan, sebagian besar wilayah Silat Hulu terendam banjit. Bahkan, debit air sungai terus naik. Karena hujan masih terjadi di Silat Hulu. “Banjir bandang terjadi dari Senib dinihari sampai siang ini,”kata dia.

Bahkan, kata Yokinson, dirinya bersama komisioner dan staf Panwascam Silat Hulu berencana akan memindahkan dokumen di kantor Panwascam ke tempat yang lebih aman. Khawatir debit air terus naik dalam beberapa jam mendatang. “Hujan merata, jadi hampir semua anak sungai air meluap,”paparnya.

Menurut tokoh masyarakat Silat Hulu asal Tempunak Kabupaten Sintang ini. Akibat banjit bandang ini, sebagian besar aktivitas masyarakat lumpuh total. Terutama pemukiman-pemukiman yang berada di bantaran sungai dan dataran tendah.(alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply