Berharap Partisipasi Pemilih Kapuas Hulu Lebihi 70 Persen

 Kapuas Hulu

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat berbicara pada kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Ngopi atau Ngobrol Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar di kafe DJ Jalan Lintas Selatan.

Kapuas Hulu,KRP.com-Jika pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kapuas Hulu, 2015 lalu partisipasi pemilih bisa melebihi 70 persen, maka diharapkan pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar juga harus demikian. Harapan tersebut disampaikan Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat menjadi pembicara sosialisasi NGOPI (Ngobrol Pemilihan) di kafe DJ Jalan Lintas Selatan, Kecamatan Putussibau Selatan, Selasa (15/5) malam.

“Intinya bagaimana pesta demokrasi ini bisa aman, kemudian yang lebih penting adalah kualitas Pemilu, ini tentu menjadi berat tugas KPU dan Panwaslu,” ungkap Bupati. Maka dari itu, dia menambahkan, tak hanya meningkatkan kualitas, partisipasi pemilih juga diharapkan dia harus meningkat. Bupati yakin, meningkatnya kualitas Pemilu di Kapuas Hulu nantinya juga akan menjadi barometer daerah lain. Maka Nasir mengingatkan, dengan waktu yang tersisa sekitar 41 hari lagi, masih ada kesempatan penyelenggara memaksimalkan sosialisasi Pemilu ini.

Nasir juga mengingatkan masalah money politics harus disosialisasi kepada masyarakat, sehingga jangan sampai terjadi pelanggaran. Nasir juga sudah menekankan kepada Panwas setempat, jika ada pelanggaran supaya tindak tegas sesuai aturan.

“Ini bertujuan supaya memberi efek jera. Karena demokrasi menjadi tanggung jawab kita semua, secara khusus masyarakat Kapuas Hulu,” tegas Nasir. Nasir yakin bahwa semua unsur terkait sudah bekerja maksimal, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) juga terus berupaya melakukan perekaman KTP-el, kemudian sekarang ada relawan Pemilu yang membantu tugas penyelengga Pemilu.

“Sekarang aturan semakin ketat,  ASN harus hati-hati dalam bertindak. Kita berharap di Kapuas Hulu tidak ada pelanggaran, sehingga Pilgub benar–benar berkualitas dan partisipasi pemilih meningkat,” kata bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan KPU, dengan harapan kualitas Pemilu bisa semakin lebih baik. Apalagi, kata Nasir, semua tahapan dari pendaftaran dan coklit sudah dilaksanakan KPU.

Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar 2018 tinggal menyisakan sebulan lebih. KPU Kabupaten Kapuas Hulu terus memaksimalkan tahap sosialisasi dalam rangka meningkatkan animo masyarakat menggunakan hak pilih mereka.

Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza mengungkapkan, kali ini lokasi sosialisasi dilaksanakan mereka berbeda dari biasanya. Mereka memilih tempat dan suasana yang santai.

“Dilaksanakan di kafe karena dari yang tua-muda bisa kumpul di sini, jadi kita buat suasana bisa lebih santai untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu. Di sini ada siswa-mahasiswa selaku pemilih pemula harus disosialisi tentang tahapan dan mekanisme Pemilu,” tutur Lisma.

Sosialisasi kali ini dihadiri lengkap Komisioner KPU Kapuas Hulu di antaranya Awang Ramlan, Ahmad Yani, serta Rita. Tak hanya itu, hadir langsung komisioner KPU Provinsi Kalbar Theresia Masiono, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, Kepala Disdukcapil Kapuas Hulu Usmandi, komisioner Panwaslu Kapuas Hulu, para relawan Pemilu, sejumlah perwakilan partai politik beserta para undangan lainnya.  (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply