Dinas PU Perbaiki Jalan dalam Kota

 Kapuas Hulu

Kepala Dinas PU Kabupaten Kapuas Hulu Ana Mariana memantau langsung kegiatan pemeliharaan serta perbaikan sejumlah jalan dalam Kota Putussibau, Sabtu (17/3) oleh UPJJ Wilayah II

 

Kapuas Hulu,KRP.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (DPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Ana Mariana, memantau perbaikan Jalan Budi Utomo Putussibau, yang dikerjakan oleh Satuan Kerja Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) wilayah II, Sabtu (17/3). Ana memastikan upaya perbaikan tersebut sesuai dengan teknis yang tepat.

Terkait perbaikan Jalan Budi Utomo, menurut Ana memang perlu penanganan cepat, karena fondasi dasar jalan sudah tidak kuat. Dia khawatir, apabila terus dibiarkan, kerusakan akan semakin lebar. Ditunjuknya Satker UPJJ II untuk penanganan tersebut, menurut dia, karena memang harus segera dilakukan perbaikan. “Jadi memang Jalan Budi Utomo itu landasannya sudah tidak kuat, maka saya minta petugas UPJJ II untuk memeperkuatnya lagi, kalau tidak begitu nanti yang lain juga begitu,” tuturnya di sela peninjauan jalan. 

Ana menjelaskan jika UPJJ memang lebih dominan pada pola perbaikan dengan sistem pacthing, bukan overlay. Patching yang dimaksud dia adalah perbaikan yang dilakukan hanya pada titik kerusakan, sementara overlay  adalah perbaikan menyeluruh. “Perbaikan dalam Kota Putussibau memang ranah UPJJ 2, untuk UPJJ 1 beda lagi, mereka ranahnya jalur Lintas Selatan,” ucapnya

Ketua Perempuan Melayu Kapuas Hulu ini menegaskan, dari dana yang ada pihaknya akan berupaya memperbaiki sejumlah jalan dalam kota, sehingga mobilisasi warga yang aktif dapat berjalan dengan baik. Di sisi lain, Ana juga mengaharapkan adanya kerja sama para pengusaha ekspedisi angkutan barang, agar turut memperhatikan kondisi jalan. “Saya imbau pada ekspedisi angkutan barang, kalau muatannya berlebih, jangan paksakan lewat jalan yang hancur, carilah jalan lain. Agar jalan itu tidak rusak parah. Kalau juga dipaksakan lewat jalan rusak, nanti juga berbahaya dengan armadanya, bisa terbalik,” pinta Ana. 

Kepala UPJJ II naungan DPU Kapuas Hulu, Ari Eko Aprianto,  menjelaskan bahwa ada sejumlah jalan dalam Kota Putussibau yang akan diperbaiki mereka. Adapun jalan yang diperbaiki adalah Jalan M Dahar, Jalan Amin, Jalan Patimura, Jalan Flamboyan, Perempatan Bambu Kuning, Jalan Antasari, Jalan Pancasila, Jalan Gajah Mada, serta Jalan Budi Utomo. “Dari lokasi-lokasi tersebut baru empat lokasi yang dilaksanakan pengerjaannya oleh kami. Sistem pengerjaan kami patching pada titik kerusakan,” terangnya.

Tidak hanya perbaikan jalan di dalam kota, UPJJ II juga sudah dan akan melakukan perbaikan jalan dan jembatan di luar kota, yang masuk dalam wilayah kerja. Untuk perbaikan jembatan sudah dilakukan mereka di daerah Semangut, tepatnya di Kelibang dengan tiga jembatan, kemudian perbaikan di desa Sambus, satu jembatan. Untuk perbaikan gorong-gorong juga dilakukan mereka dengan dua pengerjaan, di mana pertama di Jalan Tani dan kedua di Kelibang. “Untuk perbaikan jalan di luar kota, salah satu lokasi perbaikan yang ditentukan adalah Mataso. Namun untuk pengerjaannya akan dilaksanakan di triwulan kedua,” terangnya. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply