Ingin Eksis, Harus Didukung Dana

 Kapuas Hulu

Para anggota Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu memperlihatkan kebolehan mereka dalam baris berbaris, pada peringatan HUT Satpol PP ke-56 di Kantor Bupati Kapuas Hulu, belum lama ini.

 

Kapuas Hulu,KRP.com-Jika Satuan Kepolisian Pamong Praja (Satpol PP) mau eksis dan baik dalam menjalankan tugasnya, maka mereka harus didukung dengan dana yang memadai. Hal tersebut diungkapkan Kepala Satpol PP (Kasat Pol PP) Kalimantan Barat, Wiber L Djait, saat menghadiri Upacara HUT ke-68 Satpol PP di Kantor Bupati Kapuas Hulu, belum lama ini.

Dia menegaskan, tanpa dana, mereka juga tidak akan bisa maksimal dalam bekerja. Karena, dia menambahkan, untuk menciptakan kekuatan itu harus didukung semua elemen. “Untuk kita bergerak saja itu, kita harus mempunyai operasional. Lihat saja sekarang ini Satpol PP di kabupaten/kota saja, Patwal saja belum punya,” sesalnya. 

Lanjut Wiber, peran Pol PP di pemerintah saat ini sangat penting, karena tugas mereka adalah menegakkan aturan yang ada. Maka dari itu, dalam HUT Pol PP ini, pihaknya sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah, baik itu Provinsi maupun kabupaten/kota, untuk memberikan perhatian pada Satpol PP ini dalam menunjang kegiatannya di lapangan. “Saat ini tenaga untuk Satpol PP saja masih kurang,” tuturnya.

Peringatan HUT Satpol PP ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 tingkat provinsi di Kabupaten Kapuas Hulu tersebut berlangsung khidmat. Upacara yang dipusatkan di lapangan Kantor Bupati Kapuas Hulu ini, dihadiri Kasat Pol PP Kalbar Wiber L Djait beserta Kasat Pol PP se-Kalbar. 

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara, Asisten Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Kapuas Hulu Mohammad Yusuf.  “Yang jelas dalam usia yang ke-68 ini, minimal anggota kita yang ada di kabupaten/kota bisa menjalankan tupoksinya dengan baik dan benar,” kata Wiber L Djait, usai mengikuti upacara tersebut.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Umum Mohammad Yusuf, mengingatkan, sesuai instruksi Kemendagri, mereka ini harus menjaga kenetralan dalam Pilkada serentakk tahun ini. “Pol PP harus mampu jaga netralitas mereka, kemudian juga Satlinmas dalam Pemilu sangat penting menjagaTPS di masing-masing daerah, sehingga anggotanya diberdayakan sampai ke tingkat desa,” ungkapnya. 

Menyikapi keluhan akan kekurangan dana serta sumber daya manusia, Yusuf juga tak menampik hal itu. Dia berharap, dengan formasi yang tahun ini direncakanan adanya pembukaan pegawai, pihaknya sudah berjuang sampai ke Pemerintah Pusat. 

“Semoga kita mendapat tambahan kuotanya pegawai Satpol PP. Jika ini tidak terpenuhi nanti, maka kami akan merekrut pegawai-pegawai yang sudah ada dan mempunyai kemampuan untuk ditempatkan di Satpol PP,” ungkapnya.   

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Rajuliansyah, mengungkapkan, pihaknya siap-siap saja untuk membantu apa yang menjadi kebutuhan Satpol PP itu sendiri. Mereka tidak mempermasalahkannya sepanjang untuk kebutuhan tugas para penegak Perda tersebut. “Semua tergantung usulan dari mereka. Ketika Satpol PP itu meminta tambahan dana maupun tenaga, tinggal kami saja menyesuaikan kebutuhan mereka,” ungkapnya. 

Rajuliansyah mengungkapkan, peran dari Satpol PP ini sangat vital dalam menegakan aturan pemerintah. Begitu juga, tak dipungkiri dia, dengan Perda yang dibuat oleh DPRD Kabupaten Kapuas Hulu. “Satpol PP inilah yang menegakan aturan pemerintah ketika dimasyarakat ada yang melanggar aturan tersebut,” pungkasnya. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply