Kemenkum HAM Kanwil Kalbar Gelar Sosialisasi

 Kapuas Hulu

 

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero memberikan arahan saat membuka sosialisasi Layanan Partai Politik yang diselenggarakan Kanwil Kemenkum dan HAM Kalbar di Gedung DPRD Kapuas Hulu.

Kapuas Hulu,KRP.Com-Partai politik (parpol) diharapkan tidak hanya menjelaskan visi misi mereka, namun juga harus menyampaikan informasi yang benar ke publik. Pesan tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero saat membuka Sosialisasi Layanan Partai Politik di Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (14/8) di Gedung DPRD setempat.

Ia juga berharap agar parpol memberikan pemahaman kepada kader-kadernya, bagaimana berpolitik yang benar, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. “Parpol sebagai pilar berdemokrasi perlu ditata dan terus disempurnakan. Karena parpol berfungsi sebagai sarana komunikasi politik, dalam penyampaian komunikasi masyarakat kepada pemerintah, serta menyalur apspirasi masyarakat,” ungkap Wabup. 

Kemudian, dijelaskan Wabup bahwa parpol sebagai sarana untuk sosialisasi politik, selanjutnya sebagai rekrutmen politik, serta sarana pengatur konflik. Dalam hal pengatur konflik karena beda pandangan dalam berpolitik, parpol, diharapkan diai, harus berusaha mengatasinya, dengan menyelesaikan secara berjenjang.

“Tahun 2019 adalah tahun politik, pileg, dan pilpres pendidikan politik sangat diperlukan masyarakat, agar benar-benar memahami peran dan kewajibannya,” tegas Wabup. “Besar harapan kami kegiatan ini diikuti seksama, sehingga berguna bagi kita, karena merupakan pembelajaran bagi kita, diharapkan peserta dapat menyampaikan kembali atas informas-informasi yang diperoleh ini kepada masyarakat,” pungkas Wabup.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri merupakan gawe Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Provinsi Kalbar. Tujuannya, mereka ingin mengetahui eksistensi sistem politik dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden 2019. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Kanwil Kemenkum HAM Kalbar Rochadi Iman Santoso. Sejumlah narasumber dihadirkan seperti Ketua KPU Kalbar Ramdan, jajaran OPD terkait di lingkungan Pemda Kapuas Hulu, Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani, tokoh masyarakat, pimpinan parpol, jajaran Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut mengangkat tema Layanan partai politik  yang pasti nyata untuk membentuk sikap dan perilaku parpol, guna mendukung prinsip-prinsip demokrasi. Kakanwil Kemenkum dan HAM Kalbar Rochadi Iman Santoso menyampaikan, pendidikan politik sangat penting bagi warga negara, agar masyarakat paham dengan peran dan fungsinya dalam berdemokrasi.

“Sebagai sarana berdemokrasi, parpol harus bersikap profesional dengan berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kewenangan Menkum HAM mengesahkan parpol,” terangnya.

Menurut Rochadi, parpol yang baik bukan hanya menjelaskan mengenai visi dan misinya dalam setiap moment Pileg ataupun Pilpres. Namun kata Rochadi harus menjelaskan pula tentang hak dan kewajiban masyarakat dalam berpolitik. “Parpol diharapkan dapat mendukung prinsip-prinsip dasar berdemokrasi, secara khusus di Ksbupaten Kapuas Hulu ini,” pintanya. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply