KPU Kapuas Hulu Gelar Pagelaran Seni Budaya

 Kapuas Hulu

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir menyampaikan sambutan pada acara Pagelaran Seni Budaya Menyongsong 1 Tahun Pemilu Serentak 2019 di Gedung Bolavoli Indoor Putussibau.

 

Kapuas Hulu,KRP.com-Bupati Kapuas Hulu AM Nasir meminta seluruh pihak terkait agar mempersiapkan diri, baik instansi pemerintah, ormas maupun seluruh masyarakat. Persiapan yang dimaksud dia menyangkut pelaksanaan Pemilu serentak 2019 yang tersisa 1 tahun lagi.

“Dalam proses Pemilu, KPU memiliki peran penting dan strategis, karena memiliki peran sosialisasi, pendaftar pemilihan, hingga perhitungan suara hasil Pemilu, maka KPU harus benar-benar memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku,” pinta Nasir dalam sambutannya pada Pagelaran Seni Budaya Menyongsong 1 Tahun Pemilu Serentak 2019 di Gedung Bolavoli Indoor Putussibau, Sabtu (21/4) malam.

Nasir juga mengingatkan, antara KPU dan parpol peserta Pemilu maupun masyarakat pada umumnya, harus sama-sama memahami dan mengerti tentang Pemilu. Dengan demikian, harapan dia agar bisa meminimalisir setiap persoalan yang terjadi. “Kalaupun terjadi, kita dengan mudah bisa menyelesaikannya, karena kita sudah saling memahami. Persoalan terjadi karena kita terlambat mengetahui aturan yang berlaku atau beda menafsirkannya, maka parpol harus bersinergi dengan KPU agar pemilu serentak dapat berjalan jujur, adil, aman, lancar, dan demokratis,” pesan Nasir.

Oleh karenanya, Nasir juga mengajak seluruh elemen untuk mengawal Pemilu serentak, agar berlangsung aman, damai, dan demokratis, tanpa tekanan, sehingga dapat melaksanakan berbagai langkah strategis. “Khusus di Kapuas Hulu supaya berjalan aman dan lancar, utamanya dalam waktu dekat, yakni tanggal 27 Juni 2018, kita akan melaksanakan Pilgub, maka saya mengimbau agar kita menyampaikan ke keluarga, tetangga yang sudah punya hak pilih, supaya menyalurkan hak pilihnya. (Kemudian) kalau belum terdaftar, segera melapor ke petugas, jangan sampai kita tidak terdaftar,” imbau Nasir.

Perhelatan Pagelaran Seni Budaya Menyongsong 1 Tahun Pemilu Serentak 2019 ini merupakan gawe KPU, dimaksud untuk menyosialisasikan tahapan Pemilu serentak tahun depan. Kegiatan yang dilakukan serentak oleh KPU se-Indonesia itu mengusung tema: Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Ada beberapa poin penting yang diwujudkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya memberikan informasi tentang dimulainya tahapan pemilu serentak, kemudian menginformasikan tentang partai politik (parpol) peserta pemilu yang telah ditetapkan KPU, selanjutnya menginformasikan bahwa pentingnya menggunakan hak pilih, dan partisipasi masyakat untuk menyukseskan Pemilu. “Ini merupakan agenda nasional dilaksanakan serentak se-Indonesia. Pagelaran ini sebagai bentuk sosialisasi KPU untuk mengingatkan kepada masyarakat luas, bahwa Pemilu 2019 sudah dekat,” terang Lisma Roliza, ketua KPU Kapuas Hulu.

Sesuai tahapannya, kata Lisma, Pemilu serentak akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kapuas Hulu, untuk proaktif menyukseskan Pemilu 2019 mendatang. “Pemilu 2019 memiliki perbedaan dari sebelumnya. Jika Pemilu sebelumnya hanya ada empat surat suara, namun Pemilu 2019 akan ditambah satu surat suara, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” paparnya.

Dikatakan Lisma, KPU RI telah menetapkan 20 parpol peserta Pemilu, terdiri dari 16 parpol nasional dan empat parpol lokal Aceh. Saat ini, kata dia, selain melaksanakan tahapan Pemilu 2019, KPU juga melaksanakan tahapan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar. “Agar semua tahapan berjalan sukses, maka kami mengajak agar kita semua menyampaikan ke sanak saudara kita di manapun berada, bahwa tanggal 27 Juni 2018 mendatang, akan dilangsungkan pesta demokrasi Pilgub Kalbar 2018,” pungkas Lisma. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply