Kuswandi Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD

 Kapuas Hulu

Kuswandi diambil sumpah sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu pada Jumat (8/6) lalu di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kapuas Hulu.

Kapuas Hulu,KRP.Com-Melalui rapat istimewa DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kuswandi resmi menduduki jabatan sebagai wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Hulu. Dia dilantik menggantikan Almarhum Wan Taufikorahman dalam prosesi Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu masa jabatan 2014 – 2019 di Ruang Sidang Gedung DPRD setempat, Jumat (8/6) sore.

Prosesi pengambilan sumpah dipandu langsung Ketua Pengadilan Negeri (PN) Putussibau Saputro Handoyo. Hadir dalam sidang istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Rajuliansyah tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalbar Alexander Rombonang. Prosesi tersebut juga disaksikan langsung Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero, jajaran unsur Forkopimda Kapuas Hulu, KPU Kapuas Hulu, instansi vertikal, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Rajuliansyah menyampaikan, sesuai tata tertib di lembaga DPRD, bahwa apabila salah satu unsur pemimpin dewan berhenti, maka dilakukan pergantian melalui usulan partai politik dari yang bersangkutan, kemudian diumumkan dalam rapat paripurna. “Atas usul Partai Golkar, maka DPRD Kapuas Hulu tanggal 22 April, DPRD melaksanakan Rapat Paripurna Pengumuman Pengganti dan Menetapkan Wakil Ketua DPRD,” katanya. 

Peresmian pemberhentian dan pengangkatan kata Rajuliansyah juga sudah melalui tahapan, sehingga keluar Surat Keputusan Gubernur Kalbar Nomor 290 /Pem/2018 tentang Persetujuan Pemberhentian dan Persmian Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu.

Dikatakan Rajuliansyah, dengan dilantiknya Wakil Ketua DPRD defenitif, maka Kuswandi sah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai bagian unsur pimpinan DPRD Kapuas Hulu. “Pelantikan ini memiliki makna mendasar, karena tidak hanya disaksikan manusiayang hadir, tapi Tuhan Yang Maha Esa. Kami berharap Saudara Kuswandi mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan menyalurkan aspirasi yang berkembang di masyarakat dan mampu memecahkan setiap masalah secara rasional,” harap Rajuli, sapaan karibnya.

Rajuli menambahkan, sifat dalam unsur pimpinan DPRD tersebut yakni kolektif dan kolegial. Maka Rajuli berharap pula, DPRD juga akan bahu – membahu bersama pemerintah daerah, partai politik, ormas, beserta instansi lainnya untuk membangun Kapuas Hulu. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan parpol atas kepercayaan kepada kami, dan kepada seluruh anggota DPRD Kapuas Hulu, mohon dukungan atas tugas-tugas kami. Terima kasih juga kepada Ketua PN Putussibau,  Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kalbar. Selaku pimpinan kami mengajak segenap anggota DPRD untuk mewujudkan kinerja secara terukur dalam melaksanakan pemerintahan bersama-sama dengan Pemda Kapuas Hulu,” pungkas Rajuli.

Dalam sambutan tertulis Pj Gubernur Kalbar yang dibacakan Asisten  Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalbar Alexander Rombonang, dijelaskan bahwa Rapat Paripurna tersebut merupakan tindak lanjut keputusan gubernur Kalbar pada 25 Mei 2018 lalu tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu.

“Yang menetapkan Kuswandi sebagai Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu menggantikan H Wan Taufikorahman yang sudah mendahului dan meningglakan kita,” kata Rombonang.

Rombonang menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat juga merupakan unsur penyelenggaraan pemerintah daerah. “Maka ciptakanlah hubungan kerja yang harmonis dan strategis, saling mendukung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya demi memajukan masyarakat kabupaten Kapuas Hulu,” pinta Asisten I ini.

Ditegaskan Rombonang, cara untuk untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yakni melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, kemudian transparansi dalam pengambilan keputusan. 

“Implementasi penyelenggaraan daerah tersebut atas aspek kelembagaan. Pimpinan DPRD sangat stregis sebagai mitra Pemda Kapuas Hulu. Maka Pemerintah Provinsi Kalbar menyambut baik dengan lengkapnya komposisi pimpinan DPRD Kapuas Hulu ini. Saya yakin dengan telah dilantiknya Kuswandi dapat menjadi semangat baru bagi lembaga DPRD Kapuas Hulu, untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dengan bersama – sama Pemda, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kapuas Hulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kuswandi yang baru saja dilantik sebagai Wakil Ketua I DPRD Kapuas Hulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan, terutama Partai Golkar yang telah memercayakan dirinya mengemban tugas itu. Kuswandi menyatakan siap menjalankan kebijakan – kebijakan yang prorakyat untuk membangun Bumi Uncak Kapuas ini. Sementara di lembaga DPRD sendiri, Kuswandi juga ingin meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh Anggota DPRD.

“Di DPRD ini, sama dengan rumah tangga sendiri, komunikasi yang penting. Ada masalah harus dibahas bersama, kemudian dengan sisa waktu yang ada ini, saya berupaya melakukan kinerja sebaik mungkin,” ucapnya.

Kuswandi juga siap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan eksekutif, terutama dengan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna mewujudkan program – program pembangunan yang inovatif. “Saya ingin suatu gagasan untuk setiap instansi, bahwa perlu ada produk – produk, maka kita perlu jalin koordinasi dengan baik,” kata Kuswandi. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply