Libatkan Prusahaan Sawit, Garap Puluhan Kilometer

 Kapuas Hulu

Kerusakan para dari ruas jalan menuju Puring Kencana, sehingga menyebabkan kecamatan tersebut sedikit terisolir

 

Kapuas Hulu,KRP.com-Camat Puring Kencana, Herkulanus Albinus, mengatakan, pihak kecamatan sudah mencoba berbuat sesuatu untuk perbaikan jalan poros yang hancur berat. Rapat yang melibatkan unsur Muspika serta pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit juga sudah dilakukan dan perbaikan pun dilakukan. “Jadi ada dua titik yang dibantu oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Puring Kencana, mereka yang perbaiki,” ujar Herkulanus, Senin (26/3).

Perbaikan jalan yang dilakukan perusahan perkebunan kelapa sawit tersebut, diungkapkan dia adalah ruas Nanga Kantu di Kecamatan Empanang hingga Sungai Antu, Kecamatan Puring Kencana. Panjang ruas jalannya disebutkan dia sekitar 25,320 kilometer (km). Kemudian jalur Nanga Kantu ke Jaung di Kecamatan Puring Kencana, ditambahkan dia, dengan ruas jalan 51 km. “Ruas jalan yang pihak swasta perbaiki itu adalah jalan poros yang juga dilalui pihak perusahaan,” ucapnya.

Dijelaskan Herkulanus, pihak swasta terpaksa melakukan perbaikan ruas jalan tersebut bukan dikarenakan Pemkab tidak berbuat apa-apa. Diakui dia, sudah ada pembangunan jalan dalam kota berupa pengaspalan yang dilakukan Pemkab, di mana panjangnya sekitar 2 km. “Tahun ini dari Simpang Empanang masuk ke arah Puring Kencana akan dibangun juga jalannya dari pemerintah,” tuturnya.

Terkait kerusakan jalan yang paling parah, kata Herkulanus, adalah ruas antara Dusun Melancau di Puring Kencana dan Seridan di Kecamatan Empanang, yakni di Bukit Sepuak dan Sungai Kura. “Amblas jalannya itu sekitaran 300-an meter,” paparya.

Demikian pula ada dua anak sungai yang tidak ada penyeberangan, yang diakui dia memaksa para pengguna jalan harus menerobos anak-anak sungai. “Kalau ke Puring Kencana kita harus menerobos anak sungai Melancau dan Rugan, ada dua titik yang harus diseberangi langsung,” tuntasnya. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply