Pangdam Tanjungpura Tinjau Pelaksanaan Program Petasan

 Kapuas Hulu

Suasana penyambutan Pangdam XII/Tpr Mayjend TNI Achmad Supriyadi di Bandara Pangsuma Putussibau, Rabu (2/5) pagi, sebelum bertolak ke Kecamatan Badau mengunjungi Desa Pulau Majang.

 

Kapuas Hulu,KRP.com-Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Badau, Rabu (2/5). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau program Petasan, yakni Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan, di daerah perbatasan RI – Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu. 

Program Petasan tersebut dipusatkan di Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau. Selain menjadi daerah lini satu perbatasan dengan Malaysia, untuk diketahui bahwa Pulau Majang juga masuk dalam kawasan Danau Sentarum.

“Kita bertugas di daerah perbatasan tidak semata-mata untuk menjaga perbatasan sebagai tugas pokok, tapi ada tugas lain, khususnya yang berkaitan dengan masalah-masalah kondisi sosial masyarakat,” kata Pangdam.

Kemudian, sambung Pangdam, pihaknya tergerak dalam membangun pendidikan anak, baik dalam pendidikan kepada anak secara langsung, maupun terkait sarana serta prasarana pendidikan di perbatasan. “Ini yang akan kita coba lihat kemudian kita akan bantu mereka, support seperti tas sekolah, sepatu, buku-buku, karena mereka sangat membutuhkannya,” ulas jenderal TNI bintang dua tersebut.

Pangdam berharap, generasi muda warga perbatasan, khususnya di Pulau Majang selaku generasi penerus, akan muncul generasi emas. “Jangan sampai hilang, maka kita akan bina melalui gerakan yang namanya program Petasan. Program ini baru di-launching di Aruk, Kabupaten Sambas. Jadi  Kapuas Hulu yang kedua. Nanti ada lagi, kita akan cari sekolah-sekolah yang akan dibina,” kata Pangdam. 

Dari Bandara Pangsuma Putussibau, Pangdam dan rombongan didampingi Bupati Kapuas Hulu AM Nasir dan Komandan Korem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Ismawan. Mereka langsung bertolak menuju Pulau Majang menggunakan helikopter. (alif)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply