SMA Negeri Gratis, Pastikan Wajib Belajar 12 Tahun

 Kapuas Hulu

Gubernur Kalbar Sutarmidji bersama Ketua DPRD Kalbar M Kebing, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir meninjau SMPN 1 Seberuang,

Kapuas Hulu,KRP.Com-ORANG nomor satu di Kalbar itu memastikan akan memperhatikan perlengkapan sekolah di daerah pedalaman. Seluruh sekolah yang ada di Kalbar bakal mendapatkan fasilitas yang sama, baik sekolah yang ada di perkotaan maupun di pedalaman. 

Pembenahan itu akan dilakukan secara bertahap. “Saya maunya di sekolah-sekolah yang ada pedalaman itu juga harus mendapatkan fasilitas pendidikan yang baik. Jangan ada kursi dan meja untuk belajar yang goyang-goyang,” ungkapnya usai meresmikan Gedung UPT Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Seberuang.

Di sana, akan ada bantuan sebanyak 200 meja dan kursi yang kualitasnya sama dengan sekolah di Kota Pontianak. Midji sapaan akrabnya mengatakan, tahun ini lebih dari Rp20 miliar dianggarkan untuk bantuan kursi dan meja ke daerah-daerah. “Mungkin tahun depan akan lebih besar lagi,” ucapnya. 

Ia berharap agar anak-anak yang ada di pedalaman Kalbar tetap rajin bersekolah sampai sembilan tahun. Agar sesuai dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun 2019 yang menggambil fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Nanti tahun ajaran baru pada bulan Juni atau Juli sekolah negeri sudah tidak lagi bayar, biar anak Kalbar tamat sekolah minimal tamat SMA,” tuturnya. 

Midji mengatakan, ia juga sudah berbicara dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir terkait peningkatan SDM. Dimana seluruh Politeknik yang ada di Kalbar harus berkomitmen meningkatkan kualitas SDM di daerah ini. 

“Kemarin bapak Menristekdikti bilang ke saya akan membenahi Politeknik yang ada di seluruh Kalbar. Rencananya dalam waktu dekat menteri akan berkunjung ke Kalbar untuk meninjau Politeknik yang ada,” jelasnya. 

Dengan meningkatkan perhatian di dunia pendidikan, diharapkan provinsi Kalbar bisa mengejar ketertinggal Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selain pendidikan demi meningkatkan IPM, Pemprov Kalbar juga bakal membenahi sektor kesehatan serta infrastruktur.(*)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan