Upacara Begugo Doakan Benih dan Alat-alat Pertanian

 Kapuas Hulu

 

Prosesi penyambutan tamu pada acara Gawak pesta panen Dayak Suruk di desa Tekalong, kecamatan Mentebah.

Kapuas Hulu,KRP.Com-Beragam cara mengungkap rasa syukur saat panen, Panen melimpah, tentu harus disyukuri yang diwujudkan dalam bentuk Gawak. Seperti suku dayak Suruk, desa Tekalong kecamatan Mentebah yang setiap tahunnya selalu menggelar Gawak (Gawai) pesta panen. Kamis (24/5) lalu Gawak Dayak digulirkan di kampong ini.

Gawak juga dirangkaikan dengan upacara adat Begugo yaitu mendoakan benih,  alat – alat pertanian yang digunakan untuk melakukan musim tanam berikutnya.

“Upacara Begugo ini intinya meminta penyertaan dan perlindungan kepada yang maha Kuasa. Sehingga musim tanam berikutnya tetap berhasil,” ungkap Daniel, salah satu tokoh pemuda penggiat seni dan budaya dayak Suruk desa Tekalong.

Gawak yang dipusatkan di gedung serbaguna, desa Tekalong kecamatan Mentebah tersebut dihadiri ratusan masyarakat seluruh lapisan, diantaranya kepala desa Tekalong Filemon Sidirasi, Kepala Adat desa Tekalong Hendrik Malik, Temenggung dayak Suruk A. Hudang serta

para tamu undangan dari desa – desa terdekat. Selain itu hadir, DAD kecamatan Mentebah,  pihak kepolisian sektor Mentebah serta para tokoh adat Dayak Suruk lainya.

“Dalam Gawak juga dilaksanakan lomba menganyam,  lomba masak khas dayak Suruk, lomba sumpit, pertunjukan seni tari, tekayan atau pencak, lagu – lagu dayak, seni sastra lisan dalam masyarakat dayak Suruk yang disebut Bambai,” papar Daniel. 

Daniel menyampaikan, gawak tahun 2018 ini adalah yang ke – 3 kali dilaksanakan oleh dayak Suruk desa Tekalong. Ia berharap, semoga tahun – tahun berikutnya bisa dilaksanakan kembali, dengan suasana yang lebih meriah, dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat para generasi penerus, agar tetap melestarikan adat dan budaya. “Karena kegiatan dalam rangka melestarikan karifan lokal, yang merupakan budaya bangsa,” tegas Daniel.

Gawak tersebut diselenggarakan oleh pemerintahan desa Tekalong, yang mengangkat tema ‘Peran Penting Kita Dalam Melestarikan Kebudayaan Suku Dayak Suruk. (*) 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply