Yonif RK 644/Wls Temukan Ladang Ganja

 Kapuas Hulu

Satgas Pamtas RI-PNG di Papua yakni Yonif RK 644/Wls kembali temukan ladang ganja di Papua. Ini merupakan penemuan ladang ganja kali ketiga.

 

Kapuas Hulu,KRP.com-Batalyon Infanteri (Yonif) Rider Khusus 644/Walet Sakti yang bermarkas di Kapuas Hulu masih bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-PNG di Papua. Dalam penugasan tersebut mereka sudah tiga kali menemukan tanaman ganja. Sianyon RK 644/Wls melalui Wadanyon, Kapten Inf Danang Rahmayanto, menuturkan bahwa pihaknya memang kembali menemukan ladang ganja di Kerom, Papua. 

“Pamtas Yonif Rk 644/Wls, Pos Kalimao telah berhasil menemukan 23 batang tanaman ganja, antara lain berukuran 4 batang tanaman ganja setinggi 70 sentimeter, 10 batang dengan ukuran 120 sentimeter, dan 9 batang dengan ukuran 150 sentimeter. Itu ditemukan tanggal 13 April 2018,” papar Wadanyon via whatsapp, Sabtu (14/3).

Penemuan tersebur, menurut dia, berawal dari dua orang warga Desa Kalimao Distrik Waris yang sedang berobat ke Pos Kalimao Satgas Pamtas Yonif RK 644/Wls. Setelah mereka selesai berobat, diungkapkan dia jikka salah satu dari warga  tersebut memberikan informasi kepada anggota Pos Kalimao bahwa di dalam hutan Desa Kalimao Distrik Waris, terdapat tanaman ganja, yang tidak diketahui siapa yang menanamnya. “Menurut dari pengakuan warga, dirinya menemukan  tanaman ganja tersebut  pada saat pergi berladang,” terang Wadanyon. 

Setelah mendapat informasi yang diberikan oleh warga tersebut, Danpos Kalimao, Letnan Dua Inf Andika Aditia Armadiansyah segera membentuk tim patroli, guna menindaklanjuti informasi yang disampaikan oleh warga tersebut. Dengan dipimpin oleh Sertu Arifudin beserta sembilan orang anggota Pos Kalimao, mereka langsung menuju ke dalam hutan dengan dibantu oleh warga yang memberikan informasi tersebut sebagai penunjuk jalan menuju lokasi. 

Setelah sampai di lokasi, tim patroli melaksanakan penyisiran di sekitaran ladang. Mereka berhasil menemukan puluhan tanaman ganja dengan berbagai jenis ukuran. Penemuan tanaman ganja ini merupakan yang kali kedua oleh Pos Kalimao dan ketiga kalinya bagi Satgas Pamtas Yonif RK 644/Wls. “Keberhasilan menemukan tanaman ganja ini tidak luput dari peran masyarakat sekitar Pos Kalimao,” tuntas Wadanyon. (alif)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan