604 Siswa SMK di Melawi Ikuti UNBK

 Melawi

Ilustrasi UNBK

 

Melawi,KRP.com-Selama empat hari ini sedikitnya 604 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan swasta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilingkungan pemerintah Kabupaten Melawi.

Tahun ini terdapat 11 SMK Negeri dan swasta yang ikut serta melakukan UNBK dipemerintahan daerah. Sedangkan mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan.

“Hasil pantauan kita dilapangan pada saat ini ujian nasional berbasis komputer tidak ada kendala. Pelaksanaan ujian nasional bagi para siswa-siswi di SMK dapat berjalan lancar,” ucap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi Joko Wahyono, Rabu (4/4) kepada media ini.

Dia mengatakan UNBK kali ini dilaksanakan oleh perserta siswa-siswi SMK Negeri dan Swasta dari tingkat kecamatan. Sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri maupun swasta bakal dilaksanakan tanggal, 9 April 2018 dilingkungan pemerintah daerah.

Ia melanjutkan selain itu pihaknya juga melihat kelengkapan UNBK sangat baik. Apalagi ada peningkatan dari peserta UNBK dari tahun sebelumnya. Begitu juga komputer, jaringan internet dan daya listrik juga sangat memadai.

“Kita berharap jaringan listrik dari pihak PLN berjalan lancar. Begitu juga jaringan internet tersedia dengan baik. Supaya pelaksanaan UNBK tahun ini dapat terselenggara, tanpa ada hambatan,” terang Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi saat memantau peserta UNBK di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh.

Sementara Kepala SMK Negeri 1 Nanga Pinoh Yuce Alpiokta menanggapi pelaksanaan UNBK hari pertama hingga sekarang ini berjalan dengan lancar dilingkungan sekolah. Ketersedian komputer juga tercukupi dengan baik untuk peserta UNBK di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi

“Kelengkapan komputer di sini tercukupi dengan baik. Karena kita memiliki tiga lab. Jadi peserta ujian kita bagi dalam tiga sesi. Antara lain lab pertama 32 komputer, Lab kedua 32 komputer dan lab ketiga 16 komputer dan laptop,” paparnya.

Dia menyatakan peserta UNBK di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh berjumlah 189 orang dan peserta yang bergabung dari SMK Negeri 1 Belimbing Hulu terdapat 31 siswa-siswi. Rata-rata ujian mata pelajaran UNBK antara lain bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan.

Ia mengungkapkan dalam ujian nasional kali ini UNBK tidak menjadi standar kelulusan bagi para siswa-siswi. Hanya saja sebagai bentuk pemetaan tentang hasil pendidikan tingkat kabupaten dan kota dilingkungan pemerintah daerah.

“Hasil ujian nasional berbasis komputer kini tak lagi menjadi standar bagi kelulusan para siswa-siswi. Tapi hasil ujian nasional biasanya dapat dijadikan standar bagi para siswi-siswi untuk melanjutkan keperguruan tinggi. Karena biasanya ada beberapa perguruan tinggi yang melihat kriteria standar kelulusan itu,” imbuh Yuce Alpiokta juga Ketua Subrayon SMK Kabupaten Melawi. (sirait)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply