Ditreskrimsus Polda Kalbar Amankan 1700 Kayu Ilegal Loging Di Melawi

 Melawi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI – Kembali, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalbar mengrebek beberapa sawmill dan menyita ribuan batang kayu hasil ilegal loging di beberapa wilayah di Kabupaten Melawi.

‎Ribuan‎ batang kayu jenis Belian dan Meranti yang jumlah keseluruhannya sekitar 1700 batang ini di amankan dari tiga sawmill (lokasi penampung kayu), anggota kepolisian dari Subdit IV Ditreskrimsus Polda Kalbar. 

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Nanang Purnomo menuturkan mulanya Tim Subdit 4 Ditreskrimsus telah melakukan pemeriksaan terhadap lokasi penampungan kayu (sawmil) di Sawmil milik Bong Jie Khong als Akong yang beralamt di Jln Provinsi Pinoh – Nanga Ela Dusun Lengkong Desa Semadin Lengkong Kecamatan Pinoh Kota Kabupaten Melawi.

Ditemukan tumpukan kayu berbagai macam ukuran dengan jenis kayu kelompok meranti dan belian dengan jumlah kurang lebih 500 batang.

Kemudian di lokasi kedua yang bersumberkan dari para pekerja dari sawmmil Bong Jie Kong alias Akong, tim Subdit IV Ditreskrimus Polda Kalbar di tempat penyimpanan kayu yaitu di gudang bekas penyimpanan aspal Jl Koridor PT Erna Dwijulianti km. 8 Desa Semadin Lengkong Kec. Nanga Pinoh Keb Melawi,

“Di lokasi kedua, tim menemukan adanya tumpukan kayu berbagai macam ukuran dengan jenis kayu kelompok meranti dan belian berjmlah kurang lebih 1000 batang,”ungkapnya Kabid Humas dalam rilis resminya.

Kemudian selanjutnya tim, melakukan pengembangan dengan mendatangi lokasi lain yang masih milik Bong Jie Khong als Akong yang berlokasi di jln Nanga Pinoh – Nanga Ella Dusun Lengkong Desa Semadin Lengkong Kec Nanga Pinoh Kab Melawi.

“Kembali, tim menemukan tumpukan kayu berbagai macam ukuran dengan jenis kayu kelompok meranti sebanyak 200 batang,” ungkap Kabid Humas

Ia menambahkan berdasarkan keterangan hasil interograsi dari para pekerja dan keluarga Bong jIe Khong alias Akong.

“Semua mengatakan kayu yang disimpan di tiga lokasi adalah milik Akong,” kata ‎Kombes Pol Nanang Purnomo

Lanjutnya, hasil pemeriksaan sementara berdasarkan informasi yang di peroleh ‎seluruh kayu yang berjumlah sekitar 1700 batang tersebut tanpa dilengkapi dengan Surat Keterangan Syahnya Hasil Hutan Kayu (SKSHHK).

“Bukan hanya itu, hasil pemeriksaan sementara Sawmill milik Bong Jie Khong als Akong hanya dilengkapi dengan surat ijin SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Izin Gangguan yang dikeluarkan olah Bupati Melawi,” ungkapnya.

Dan saat ini ribuan batang kayu tersebut sudah di tetapkan sebagai barang bukti dan telah di sita serta dilakukan penggeseran kayu untuk dititipkan ke Polres Melawi.

“Saat ini, Polda Kalbar masih melakukan pencarian keberadaan pemilik sawmill Bong Jie Khong als Akong, maka sekarang para pekerja dan istri Akong sedang di periksa oleh anggota,” pungkas.

sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2018/02/26/ditreskrimsus-polda-kalbar-amankan-1700-kayu-ilegal-loging-di-melawi.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply