Korban Laka PT AKM Masuk RS

 Melawi

Korban kecelakaan kerja PT AKM saat berada di Rumah Sakit Citra Husada Nanga Pinoh.

 

Melawi,KRP.com-Sejumlah korban kecelakaan kerja PT AKM kini masih di rawat di Rumah Sakit Umum Citra Husada Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi. Para keluarga dan unsur pimpinan kepala desa juga ikut menjengkuk korba. Sekarang ini para korban sudah mendapatkan penanganan medis dari pihak rumah sakit.

“Kata dokter tangan kiri ibu mengalami patah tulang. Ini perlu dioperasi, tapi kami dari keluarga belum mengizinkan. Rencananya mau berobat di luar,” ucap Keluarga Korban Saparudin, Rabu (21/3) kepada media ini.

Dia mengatakan sekarang ini korban kecelakaan kerja di rujuk dirumah sakit umum. Biaya pengobatan medis akan ditanggung pihak perusahaan. Jika berobat di luar rumah sakit, pihak perusahaan tidak akan memberikan jaminan di luar dari perawatan medis kesehatan.

Ia menuturkan terkait santunan kecelakaan kerja belum disampaikan perusahaan. Hanya biaya pengobatan rumah sakit yang akan ditanggung oleh perusahaan. Hal itu disampaikan dari perwakilan manajemen perusahaan PT AKM kepada keluarga korban.

“Kami minta biaya pengobatan ditanggung perusahaan sampai korban sembuh. Bagaimana pun kecelakaan kerja tidak dikehendaki korban. Begitu juga jaminan hari tua yang telah bekerja diperusahaan bisa diberikan,” harap Saparudin anak dari korban Hapipah (54) yang sudah bekerja selama 5 tahun di PT AKM.

Selanjutnya Kepala Desa Tanjung Gunung Kecamatan Tanah Pinoh Suhami menanggapi kecelakaan kerja yang dialami masyarakat merupakan musibah yang tidak dikehendaki. Tapi pihak perusahaan telah berjanji akan menanggung semua biaya pengobatan kesehatan para korban di RS Citra Husada.

“Tidak ada korban meninggal dunia dalam kasus kecelakaan kerja ini. Kendaraan yang mereka tumpangi terjatuh. Sehingga korban ada yang patah tulang dan luka berat. Kini para korban masih mendapat perawatan medis di rumah sakit umum,” terangnya.

Dia menyatakan dengan kejadian kecelakaan kerja diharapkan pihak perusahaan memberikan kartu jaminan sosial ketenagakerjaan. Supaya korban mendapatkan jaminan kerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Melawi.

Ia mengungkapkan selain jaminan sosial tenaga kerja. Diharapkan pemerintah daerah dapat mengawasi kepada perusahaan. Supaya benar-benar menerapkan peraturan tentang ketenagakerjaan dilingkungan masyarakat daerah.

“Kami minta pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Melawi menindaklanjuti terkait jaminan kecelakaan kerja untuk karyawan diperusahaan. Supaya hak karyawan diperusahaan bisa dipenuhi secara layak,” imbuh Kades Tanjung Gunung, Kecamatan Tanah Pinoh.

Sementara Kabid Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Melawi Sukardi menambahkan terkait informasi tentang kecelakaan kerja, Selasa (20/3)kemarin diperkebunan kelapa sawit yang terjadi di PT AKM. Pihaknya belum mendapatkan laporan lebihlanjut baik dari keluarga korban maupun pihak erusahaan. Apabila pihak perusahaan itu tidak mau bertanggungjawab, petugas terkait siap membantu mediasi korban bersama pihak perusahaan.

“Sampai sekarang belum ada laporan korban. Jika pihak perusahaan tidak mau bertanggungjawab. Kami siap membantu korban. Supaya dicarikan solusi agar hak karyawan bisa didapatkan secara layak sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tukasnya. (Sirait)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply