Masyarakat Desak Bupati Melawi Cabut Izin Galian C

 Melawi

 

ilustrasi

Melawi,KRP.Com-Sejumlah masyarakat meminta pemerintah daerah mencabut izin galian C, khususnya untuk tambang batu di Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi.

Galian C batu itu dinilai tidak layak untuk diberikan izin lagi. Karena dampaknya sangat merusak lingkungan dan akses jalan umum disekitarnya.

“Kami minta pemerintah tegas menertibkan galian C. Akibatnya kita sudah tahu yakini merusak lingkungan hidup,” ucap Warga Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi Firman, Jumat (18/5)

Dia mengatakan dampak kerusakan lingkungan galian c, sangat berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem kehidupan. Sehingga perlu adanya reboisasi kembali terkait lahan maupun hutan yang mengalami kerusakan dipemerintahan daerah.

Ia menuturkan selama ini kerusakan lingkungan hidup, terkesan terjadinya pembiaran di tengah masyarakat daerah. Bahkan cendrung diskriminatif terhadap penguasaan lahan masyarakat dengan pihak perusahaan.

“Kami minta tidak ada diskriminasi anatara masyarakat dan pengusaha besar. Bahkan galian c milik masyarakat kecil banyak dilarang. Tapi kalau para pengsuaha besar, malah diberikan izin. Padahal jelas dampak dari kerusakan lingkungan hidup bagi masyarakat disekitarnya,” tukasnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Melawi Malin menanggapi pihaknya sejak awal sudah melarang adanya galian c, tanpa perizinan yang jelas dilingkungan pemerintah Kabupaten Melawi.

“Kami sejak awal meminta agar pemerintah daerah terkait mengevaluasi kebijakan tentang analisa dampak lingkungan. Tapi persoalan itu tak juga ditanggapi dinas pemerintahan terkait,” tukasnya belum lama ini.

Dia menyatakan apabila izin galian c itu tidak diterbitkan oleh pemerintah daerah terkait maupun oleh pemerintah tingkat provinsi. Artinya, galian c batu itu dilakukan secara ilegal dan harusnya dapat dihentikan oleh petugas pemerintah daerah.

Ia mengungkapkan jika galian C itu memiliki izin. Selayaknya dikaji kembali dampak dari kerusakan lingkungan. Sehinggga dibutuhkan ketegasan dari pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan lingkungan hidup di tengah masyarakat.

“Dampak dari galian C, sangat besar bagi lingkungan hidup. Tak hanya ketidak seimbangan ekosistem. Tapi bisa mengakibatkan tanah lonsor karena tidak mendapat kajian secara utuh dari pihak terkait,” imbuh Malin Legislator DPRD Kabupaten Melawi. (sirait)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply