Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

 Sintang

Bupati Meninjau Langsung Hasil Lomba Masak Ikan.

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang, Jarot Winarno meninjau langsung hasil lomba masak ikan yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang,Selasa, (23/7/2019).

Didampingi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, bupati secara cermat melihat dari dekat kreatifitas peserta.

Saat dimintai media komentar Bupati atas kegiatan itu menyampaikan bahwa konsumsi ikan di Sintang masih rendah dari pada Indonesia wilayah timur,

Bahkan, Sintang masih rendah dilihat dari perkapita-perkepala masih 28-29 Kilogram pertahunnya, itu terlalu sedikit, kalau di Indonesia wilayah timur, perkapita-nya itu sudah sampai 44 Kilogram pertahun”, kata Jarot.

Dan efek rendahnya konsumsi ikan, maka itu stunting  Sintang masih tinggi, ungkapnya.

Jadi sebenarnya ikan ini adalah makanan pendamping asi, makanan tambahan gizi anak-anak setelah ASI ekslusifnya yang dampaknya akan mengurangi stunting di Kabupaten Sintang, tambah Jarot.

Masih menurut dr Jarot, dengan masyarakat mengkonsumsi ikan, maka pertumbuhan gizi didalam tubuh akan baik, kan sumber yang paling banyak proteinnya ini kan dari ikan, didalam ikan terdapat omega 3, inilah yang bisa membuat anak-anak kita menjadi cerdas, ucapnya.

Jadi tantangan kita kedepannya adalah mengajak seluruh masyarakat makan ikan, dengan gerakan itu Ia-pun optimis bahwa Kabupaten Sintang mampu untuk membudidaya ikan.

Saya optimis, budidaya ikan di Sintang harus digerakkan, kita sudah suruh masyarakat di desa untuk bikin embung ikan, tutupnya.

Secara terpisah, peserta lomba dari Kecamatan Kelam Permai yang meraih juara pertama, Linda menjelaskan, tips timnya bisa meraih juara pertama dalam lomba masak berbahan utama ikan, pertama mengenal dulu bahan bakunya, yaitu ikan gembung.

Setelah mengenal ikannya, kemudian memiikirkan apa saja bahan memasaknya dan mengkreasikannyaagar agar enak dinikmati oleh anak-anak dan orang dewasa, kata Linda. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan