Buka Gawai Adat Mangku Benua

 Sintang

Gawai Adat Mangku Benua.

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang dr. H Jarot Winarno kembali membuka gawai adat tutup Peuma dengan Tema “ Mangku Benua” di desa Topan Nanga Kecamatan Kayan Hulu (27/6)

Jarot Winarno menandai acara itu dengan pukul gong sebanyak tujuh kali.

Acara tersebut, sebagaimana di tempat lain, juga bertujuan untuk ucapan syukur kepada maha pencipta, yang telah memberikan hasil berlimpah untuk kebutuhan hidup selama ini.

Kemudian untuk melesatrikan adat istiadat yang di ciptakan para pendahulu warga setempat.

Dengan kegiatan gawai ini mari kita menjaga kerukunan sesama masyarakat, menjaga keseimbangan dengan alam sehingga mampu menciptakan suasana yang nyaman dan tentram, saling menghargai sehingga mampu mempersatukan kita semua, ucap Jarot mendahului pidatonya.

Jarot menambahkan, dengan terciptanya suasana yang kondusif  kita dapat saling bahu membahu dalam pembangunan, baik membangun sumber daya manusia maupun membangun infrastruktur.

Dengan masih adanya 42 ribu orang atau 10,23 porsen masyarakat Sintang yang hidup dibawah garis kemiskinan, penyebabnya adalah kurangnya kesadaran kita semua untuk membangun ekonomi kerakyatan, maka itu momen seperti ini menjadi sarana buat kita untuk mempersatukan kekuatan untuk sama-sama membangun, pungkas Jarot.

Syarifudin, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, yang juga sebagai pewaris mangku benua keturunan tertua dari pendiri Desa Topan Nanga menjelaskan, bahasa Dayak Kebahan Desa Topan Nanga istilah gawai di sebut pegowai.

Pegowai atau gawai ini, merupakan rasa syukur kita kepada tuhan yang telah membimbing dan memberikan rejeki kepada kita, sebab itu selayaknyalah kita mengucapkan syukur, lanjutnya.

Masih dalam waktu yang sama, Syarifudin kemudian mengajak masyarakat Desa Topan Nanga agar bersatu membangun dengan kekayaan alam yang ada.

Menurut Syarifuddin, Desa itu punya kekayaan alam yang dapat dijadikan obyek wisata hanya saja perlu persatuan dan kesatuan warga untuk memberdayakannya agar potensi itu memberikan dampak mensejahtrakan masyarakat desa itu. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan