Buka PGD Sintang Ke VIII

 Sintang

Buka pekan Gawai Dayak Sintang 2019.

Sintang,KRP.Com

“Mari kita majukan dan bangun  masyarakat Dayak yang tinggal di pelosok Kabupaten Sintang. kabupaten ini masih masuk kategori daerah tertinggal”

“Masyarakat Dayak yang terpilih anggota DPR RI ada empat orang, wajar jika masyarakat dayak bangga”

Demikian ungkapan bupati Sintang H Jarot Winarno saat membuka Pekan Gawai Dayak (PGD) Sintang yang ke VIII Tahun 2019 di lapangan Indoor Apang Semangai pada Selasa, (9/7).

Jarot mengakui, PGD tahun ini sangat Ia senangi ketika mendengar semua kecamatan ikuti gawai tingkat kabupaten, itu artinya kebersamaan diantara masyarakat dayak telah semakin kokoh dan akan menjadi lokomotif kemajuannya ke depan.

Orang nomor satu di Sintang itu kemudian menyebut, Kabupaten Sintang adalah salah satu kabupaten yang memutuskan adanya hutan adat dan wilayah adat.

Kemudian kabupaten yang konsen mendukung tumbuh kembangnya seni budaya dan adat istiadatnya yang bernilai tinggi dalam rangka tujuan pariwisata ke daerah Dayak, tegas Bupati Sintang

Sementara Jeffray Edward, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang menyampaikan gawai merupakan ungkapan syukur masyarakat dayak atas usaha yang sudah dilewati dengan panen padi.

Berikutnya, ajang silaturahmi sesama masyarakat Dayak dengan etnis lain.

Gawai lanjut Jeffray, sejalan dengan perundang-undangan yang ada. Yakni untuk menyatukan konsep mendukung pembangunan di Sintang.

Gawai juga bentuk pembinaan dan pengembangan seni budaya dan tradisi masyarakat Dayak, sambungya.

Masih dalam kesempatan itu, Ketua DAD Sintang itu, juga minta pemkab Sintang agar memperhatikan pembangunan rumah Betang Tampun Juah di Jerorra Satu segera tuntas.

Di daerah lain ungkap Jeffray, Betang yang dimakasud sudah selesai.

Rumah beteng dayak ini mendesak selesai pintai Jeffray, supaya etnis dayak Sintang punyai symbol dan tempat melakukan kegiatan seni budayanya misalnya perlombaan.

Yustinus, Ketua Panitia PGD menyampaikan bahwa kegiatan PGD tahun ini dilaksanakan di dua tempat yakni di gedung/lapangan Indor Apang Semangai dan Betang Tampun Juah meski belum selesai 100 %.

PGD tahun ini akan gelar 17 jenis lomba  dan hamper di ikuti seluruh kecamatan, tutup Yustinus.

PGD Sintang dibuka bupati Sintang dengan memukul gong sebanyak 7 kali, (Humas/Js)

 

 

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan