Buka Sosialisasi Pemantapan Kiat Guru

 Sintang

Buka Sosialisasi Kiat Guru Fase II Tahap I Tahun 2019.

Sintang,KRP.Com

Berdasarkan  Perjanjian  Kerjasama  Pemerintah Kabupaten Sintang dengan  Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga  Kependidikan  Kemendikbud –RI  dan Tim Nasional  Percepatan penanggulangan Kemiskinan Sekretraiat  Wakil Presiden-RI  tentang perluasan  Program Kiat Guru, Sabtu (27/04) Sosialisasi Kiat Guru Fase II Tahap I  Tahun. 2019 dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

Kegiatan itu dibuka  Sekretrais Daerah (Sekda) Sintang  Dra. Yosepha  Hasnah,M.Si.

Dalam sambutannya Sekda antara lain menyoroti masalah  pendidikan di Kabupaten Sintang masih menjadi salah satu permasalahan serius yang harus  menjadi perhatian pemerintah daerah.

Misalnya, masalah sarana prasarana pendidikan seperti ruang kelas dalam kondisi rusak  sedang dan rusak berat, serta aksesbilitas yang diakibatkan infrastruktur jalan  yang belum memadai.

Rendahnya kualitas tenaga guru, penyebarannya hingga kecamatan dan desa serta terbatasnya kemampuan pemerintah dalam pembiayaaan.

Maka akibat dari semua masalah diatas, nilai  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sintang Tahun.2017  hanya angka 65, 16  masih rendah dibawah nilai IPM Propinsi Kalbar  yang sudah mencapai  66,26  dan IPM Nasional 70, 81  serta rata-rata angka lama sekolah  yang masih pada angka 6 hingga 7 tahun belum  kejenjang pendidikan SMP, ungkapnya.

Namun Sekda juga tuturkan, penyebabnya juga akibat kemiskinan  pada empat tahun terakhir ini, pada tahun 2018  angka kemiskinan mencapai angka  sebesar 10,35 persen mengalami kenaikan dari tahun.2017  yaitu 10,20 persen atau lebih tinggi dibandingkan  angka kemiskinan  Propinsi Kalimantan  Barat  yang hanya 7,33 persen.

Oleh karenanya, Pemkab Sintang berkomitmen  melaksanakan pembangunan sesuai  Visi dan Misi pembangunan yang tertuang dalam rencana pembangunan  jangka menengah tahun 2016/2021 yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Sintang yang Cerdas, Sehat, Maju, Religius  dan Sejahtera  yang didukung perangkat  Pemerintahan yang baik dan bersih,  jelas  Sekda.

Sementara itu,  Kepala Bidang  Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Sintang Kusmara Amijaya mengatakan, bahwa tujuan Sosialisasi KIAT Guru Fase II guna menyampaikan perbedaan desain program KIAT Guru Fase Rintisan dan Fase pemantapan.

Penyampaian tahapan kegiatan pemantapan Program KIAT Guru  di 41 sekolah rintisan dan Penyusunan rencana Sosialisasi Desa dan Pembentukan janji bersama  dengan dukungan dana APBDES.

Kegiatan Sosialisasi tersebut sejumlah pimpinan OPD daerah itu, sejumlah Kades, Camat, Koordinator kabupaten dan Tim KIAT Guru  TNP2K, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. (humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan