Buka Workshop Menulis Bagi Guru

 Sintang

Membuka kegiatan Workshop Guru Menulis Buku (Gulisku) di Aula MTSN Sintang.

Sintang,KRP.Com

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Ir. Syamsul Hadi, MM membuka kegiatan workshop Guru Menulis Buku (Gulisku) di Aula MTSN Sintang, Senin (29/04/2019).

Syamsul mengatakan, Pemkab Sintang,telah mencanangkan untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas, untuk ini peran para guru menjadi sangat penting dalam program itu, para guru itu ujung tombak, garda terdepan dari proses mengupayakan masyarakat Sintang yang cerdas,” tambahnya.

Kegiatan ini mengusung tema, ‘Guru Mulia Karena Karya’. Kegiatan workshop ini mengundang narasumber dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat dan Penerbit Pustaka Rumah Aloy.

Radiman, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa workshop ini merupakan kegiatan perdana dari rangkaian kegiatan yang direncanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Sintang tahun 2019 

“kita ingin menggugah teman-teman yang ada di Sintang untuk menciptakan sebuah bahan literasi khususnya untuk bahan ajar di sekolah,” kata Radiman dalam laporannya. “dari berbagai diskusi kami menemukan bahwa bahan ajar yang bersifat kedaerahan masih sangat minim,” ungkapnya.

“Untuk menggali potensi potensi lokal yang ada di daerah kita, kami berinisiatif dari MGMP untuk menyelenggarakan workshop menulis ini,” lanjut Radiman.

Kami berharap bisa melibatkan banyak teman-teman guru, kami menargetkan 100 sampai 150 peserta tapi yang hadir saat ini baru sekitar 60 sampai 70 orang, sebagian besar dari kecamatan-kecamatan,” paparnya lagi.

Peserta workshop, Marubahot, P S.Pd menjelaskan bahwa dirinya berharap bisa menulis usai kegiatan ini.

“saya sih bercita-cita bisa nulis sesuatu yang ada di sekolah,” ujar Marubahot. “Sekarang sih masih belajar menulis fiksi,” lanjut pria yang mengajar di SMPN 5 Sepauk itu.

Penerbit Pustaka Rumah Aloy pada acara workshop kali ini menurunkan tim sebanyak 4 orang. Tim ini terdiri dari  satu editor dan 2 pelaksana harian di Pustaka Rumah Aloy Pontianak.

Kita juga akan kasihkan pendampingan lanjutan dari workshop ini berupa pendampingan online dari tim kita di Pustaka Rumah Aloy,” ungkap Mariadi lagi. “bimbingan lanjutan ini kita nanti akan tindaklanjuti lagi dengan mencetak buku yang sudah mereka buat dan plus penerbitan buku mereka yang sudah siap,” pungkasnya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan