Bupati Sintang Buka Sosialisasi BPSK

 Sintang

Memperingati Hari Konsumen Nasional (HAKORNAS) tahun 2019. 

Sintang,KRP.Com

Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (HAKORNAS) tahun 2019, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Sintang menggelar kegiatan sosialisasi, edukasi dan publikasi tugas-tugas BPSK dibuka Bupati Sintang, Jarot Winarno, pada Selasa, (30/4) di Balai Ruai Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa Hakornas adalah sebagai penghargaan dan penghormatan kepada konsumen, dimana konsumen nasional diharapkan meningkatkan harkat serta martabatnya, kesadaran, pengetahuan dan kemampuan untuk melindungi diri serta juga mampu menumbuhkan sifat pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Menurut Jarot, kehadiran BPSK, dirasakan sangat penting karena perlindungan konsumen di indonesia masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien, maka itu BPSK penting untuk menyelesaikannya, sambungnya.

Bupati Sintang itu juga sebut, Negara memang berperan penting dalam hal pemberdayaan konsumen, karena konsumen sering menjadi pihak yang lemah, sementara pelaku usaha pada dasarnya berpijak pada prinsip mendapatkan keuntungan.

Oleh karenanya, pesan Jarot pada sosialisasi tersebut, sejak dini para konsumen agar sadar hak dan kewajiban sebagai konsumen serta meningkatkan edukasi dan memperhatikan aspek kesehatan.

Saya berharap lebih banyak lagi masyarakat semakin sadar dan teredukasi akan hak dan kewajibannya sebagai konsumen dan para pelaku usaha semakin menghargai hak-hak konsumen dengan memproduksi barang/jasa yang berkualitas dan aman.

Sementara itu, Ketua BPSK Sintang, Zaenal Abidin mengatakan, sosialisasi, edukasi, publikasi BPSK ini diselenggarakan untuk mengenal apa itu BPSK, apa saja tugas-tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Sedangkan Ketua Panitia penyelenggara, Marwandi menjelaskan, keberadaan BPSK ini di tingkat Kabupaten sudah dilantik oleh Gubernur pada bulan Februari 2019 yang lalu, dan kegiatan ini adalah sosialisasinya.

BPSK sendiri sudah berdiri di enam kabupaten dan yang lainnya sedang menyusun/berjalan untuk di bentuk, mudah-mudahan tugas dan fungsi lembaga ini berjalan baik serta di dukung anggaran yang memadai, ungkapnya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan