Burung Berkicau Meriahkan HUT Sintang

 Sintang

Kontes dan Pameran Burung Berkicau di Pedok Kicau Mania Komplek Stadion Baning Sintang di buka Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno.

 

Sintang, KRP.Com-Kontes burung berkicau, dalam  rangka  peringatan Hari Jadi  Kota Sintang ke. 656, Minggu (06/05) digelar di   Pedok Kicau Mania Komplek Stadion Baning  Sintang.

Acara itu, dibuka bupati Sintang Jarot Winarno yang dihadiri ratusan peserta antara lain dari Kapuas  Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi bahkan  dari Kota Pontianak.

Bupati Jarot menyatakan, Para pecinta  Kicau mania ini luar biasa terbukti dengan banyaknya peserta.

Paling tidak, pandangan terhadap kontes burung, harus  dirubah sebaba peserta tidak hanya  mengurung burungnya  dalam sangkar   tetapi memelihara, merawat dan menunjukan potensi burung peliharaannya dengan suaranya yang merdu.

Kicauan burung   yang merdu ini sangat penting bagi  jiwa  kita sebab bisa memberikan  perasaan nyaman bagi jiwa  kita, ujar Jarot.

Ia mencontohkan diluar negeri, burung yang digantung  dibeberapa  rumah sakit, untuk  terapi terutama bagi pasien penyakit jantung.

Di Klinik Radiologi anak-anak  juga  digantung burung hidup  agar mereka tidak takut suntuk, ungkap dokter itu.

Ditegaskan dr Jarot, Kontes burung  ini  selain merupakan salah satu cabang Olah Raga, juga Seni dan menjaga lingkuingan.

Jadi, saya  sangat bahagia kontes ini juga dihadiri para  juri   wanita dari luar daerah, dan  ini sangat luar biasa  memberikan motivasi bagi para Kicau  mania di daerah ini, pungkasnya.

Pada Kontes  dan Pameran Burung Berkicau pada HUT Sintang tahun ini, ada 4 kelas  yang di pertandingkan.

Yaitu Kelas A, B, C,  dan Kelas D dengan mempertandingkan   Jenis  Burung Murai  Batu Open, Burung Kacer,  Burung Cucak Hijau, Burung Love Birt, Burung  Srindit, Burung Kapas Tembak.

Lomba Burung Kelas Campuran Bebas (Open) Burung Kecil  seperti Burung Blackstrout, Pleci, dengan Hadian Berupa Tropy serta uang tunai sebagai pembinaan, dan pembagian Doorprize.  (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply