DAD Gelar Lomba Sumpit

 Sintang

Lomba Sumpit PGD Sintang 2019.

Sintang,KRP.Com

Memeriahkan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke VIII Kabupaten Sintang tahun 2019, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang menyelenggarakan Lomba Sumpit di Betang Tampun Juah, Sabtu (13/07/2019).

Yustinus Ketua Panitia PGD menyampaikan, dalam pelaksanaan lomba, netralitas tim juri dan panitia harus dipegang teguh.

Hal itu (netralitas-red) dipastikan supaya lomba ini betul-betul menghasilkan peserta memang layak, menang karena peserta jungjung tinggi sportifitas, sambungnya.

Yustinus lanjutkan, sang juara pertama lomba ini akan kita ikutkan ke gawai di Pontianak tahun depan. bahkan akan di ikutkan ke lomba menyumpit internal jika memenuhi syarat.

Suan Rumban, Ketua Persatuan Olahraga Menyumpit Kabupaten Sintang mengharapkan, peserta saat melakukan lomba supaya selalu memperhatikan arah angin.

Hal itu penting karena siang hari angin biasanya kencang dan dapat mempengaruhi arah sumpit.

Saya juga berpesan agar seluruh peserta mentaati peraturan lomba, membidik sasaran agar tetap konsentrasi.

Mental peserta harus siap. Santai saja dalam berlomba. jangan anggap berat. Jangan terganggu dengan nilai tinggi dari peserta lain, ungkap Suan Rumban

Wakil Ketua pengurus sumpit Matius Siong mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya lomba sumpit pada pekan gawai dayak ke VIII pesertanya sangat luar biasa, apalagi lomba sumpit tahun ini di ikuti peserta putri.

Siong  menjelaskan lomba olahraga tradisional sumpit pekan gawai dayak ke VIII kabupaten Sintang di ikuti 17 peserta perorangan putra, 4 peserta perorangan putri dan enam peserta beregu.

System penilaian pada lomba menyumpit yakni berdasarkan anak sumpit (damak) yang mengenai dan menancap pada lingkaran sasar yang telah ditentukan nilai sasar oleh panitia.

Dalam lomba sumpit ini panitia memberikan waktu 3 menit untuk peserta menyumpit dengan 10 damak yakni 5 damak berdiri dan 5 damak jongkok.

Untuk putra jarak dari peserta ke sasaran adalah 30 meter sedangkan putri hanya 20 meter. Kita siapkan empat jalur,” Jelas Siong.

Siong menjelaskan Juara lomba sumpit tahun 2019 kategori perseorangan Putra juara I di menangkan oleh Nikodemus utusan DAD Sungai Tebelian, Juara II diraih Mamud utusan Kelam Permai, dan juara III Stepanus perwakilan DAD Kecamatan Dedai.

Sedangkan untuk  kategori perseorangan Putri juara I di diraih oleh Debora Diana Perwakilan DAD Sintang, juara II dimenangkan Erdawati utusan DAD Sintang, dan juara III diperoleh  Fransiska Ida Perwakilan Banuaka Sintang, dan beregu kategori putra juara I di menangkan utusan DAD Kalam Permai, juara II diraih perwakilan DAD Sungai Tebelian, dan juara III  perwakilan DAD Ketungau Hilir,” Kata Siong. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan