Danrem 121/Abw Hadiri Perayaan Cap Go Meh Ke 2569

 Sintang

Danrem 121/Abw Ikut Sertameng Hadir Perayaan Cap Go Meh Ke 2569 Di Singkawang 2018.

 

Singkawang.KRP.Com-Aksi Cuci Jalan menjadi ritual sakral saat perayaan Cap Go Meh, seluruh tatung mengawalinya mulai berjalan berombongan menuju Pe Kong Tua Vihara Bumi Raya Kota Singkawang.

Ritual ini untuk mendapatkan restu dari Tian agar sebelum Cap Go Meh berlangsung seluruh kota, jalanan-gang kota Singkawang bersih dari gangguan roh jahat.

Jumlah tatung yang datang tidak bisa dihitung kasat mata, berbaur dengan manusia berjibun di depan  Vihara Tri Dharma Bumi Raya di pusat Kota Singkawang.

Sebagaimana ritualnya cuci jalan, kedatangan para tatung ini berada dalam kondisi kerasukan ketika tiba di vihara.

Hal itu bisa terlihat dari pergerakan tubuh para tatung yang rata-rata bergerak di luar kontrol, namun hal itulah yang biasanya dilakukan para Tatung dalam acara Cuci Jalan ini.

Setibanya di Vihara  Tridharma Bumi Raya Singkawang itu para Tatung turun dari tandunya menuju ke dalam vihara. Disitu, para Tatung terlebih dulu meminta berkah ke tempat pembakaran dupa yang terletak di sisi kiri dan kanan vihara sebelum masuk ke dalamnya.

Setibanya di dalam vihara, para Tatung melempar semacam dadu berwarna merah untuk meminta peruntungan. Setelah itu, sang Tatung akan bersembahyang dan berkeliling dalam vihara sebelum akhirnya pergi.

Di luar, para rekan Tatung pun telah bersiap untuk membawa sang Tatung konvoi menyempurnakan agendanya sebelum Cap Go Meh tiba.

Moment tersebut pun sepertinya tak mau disia-siakan oleh warga lokal maupun tamu yang sudah datang ke Singkawang.

Termasuk Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Ismawan, Jumat (2/3) di dampingi Dandim 1202/Skw beserta rombongan, saksikan acara suku Tionghua tersebut.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin membuka dan melepas pawai tatung pada perayaan Cap Go Meh kota Singkawang tahun ini. (Penrem/Red)

 

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan