Dinas Kominfo Gathering Awak Media

 Sintang

Gathering Awak Media.

Sintang,KRP.Com

 

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sintang, Rabu (26/8) adakan pertemuan (Gathering) dengan awak media yang bertema membangun sinergi pemerintah daerah Kabupaten Sintang dengan media massa, mewujudkan komunikasi dan informasi publik yang baik dan berkualitas.

 

Acara yang berlangsung di Aula Dinas Kominfo daerah itu, dihadiri oleh beberapa nara sumber, diantaranya Bupati Sintang dr. H. Djarot Winarno, M.Med.PH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sintang Kurniawan S.Sos. M.S.I. Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang Muhammad Su’uf dan Kasubag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto

 

Kurniawan, Selain membuka acara itu, menjelaskan maksud dan tujuan pertemuan dengan harapan dapat dilakukan para awak media di daerah itu. Karena menurutnya, media dan pemerintah adalah mitra dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat.

 

Ada beberapa hal penting yang disampaikan Kurniawan untuk diketahui masyarakat yakni, tentang sensus penduduk 2020, Karhutla, dan Pilkada, Tiga kegiatan ini lanjutnya, sukses tidaknya peran media sangat menentukan.

 

Kepada Badan Statistik Sintang, Muhammad Su’uf, dalam penjelasannya mengakui bahwa sensus penduduk (SP 2020) yang akan dimulai 1 s/d 30 September 2020, merupakan tugas berat sehubungan belum validnya diterima pihaknya seperti jumlah RT se kab Sintang.

 

Meski demikian sambung Suuf, pihaknya optimis dapat tuntaskan SP 2020  hingga 30 September dengan dibantu tenaga sukarelawan sebanyak 350 orang.

 

Tuntas maksudnya mendapakan data penduduk dengan door-to door  agar data baik secara defakto dan deyure karena data tersebut akan digunakan pada Pilkada mendatang, jelasnya.

 

Masih menurut Su’uf, petugas yang akan mengadakan SP 2020 sudah melalui pemeriksaan standart kesehatan Covid 19 sehingg masyarakat tidak usah takut, mereka semua bahkan dilengkapi pakaian seragam dan wajib berkoordinasi dengan Camat, Kepala Desa dimana masyarakat dicacah, jelasnya.

 

Sementara Iptu Hariyanto mengungkapkan, pihaknya (Polres-red) telah melakukan tugasnya sebagai pengamanan dan pembinaan dimulai dari antisipasi Karhutla dan situasi Covid 19.

 

Sedangkan untuk pilkada, Polres saat ini sedang giat-giatnya melakukan simulasi dalam rangka memantapkan kesiapsiagaan anggota baik menangani masalah disemua tingkatan. 

 

Bupati Djarot, pada kesempatan itu menyampaikan ada empat yang harus di giatkan oleh media dalam menyampaikan berita, yaitu covid-19, pilkada, karhutla dan sensus penduduk /sensus online.

 

Untuk covid-19 melalui media pinta Djarot, supaya masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah seperti menjaga jarak, cuci tangan, dan selalu menggunakan masker,

 

Mengenai pilkada Djarot mengutarakan harus bersifat bersih, tidak menjatuhkan lawan politik. Namun Ia juga minta media netral dalam menyampaikan informasi pilkada tersebut.

 

Sementara untuk karhutla, Djarot mengklaim untuk kabupaten, hanya kab Sintang di Indonesia yang sudah mempunyai payung hokum Karhutla.

 

Tujuannya sangat jelas, yakni  pemerintah tidak melarang untuk membakar ladang, karena ini sudah tradisi turun menurun. Namun barang siapa yg melakukan pembakaran liar akan mendapat hukuman dari temenggung adat di kecamatan masing-masing. Sambungnya.

 

Yang terakhir Djarot memberikan apresiasi kepada masyarakat kabupaten Sintang yang sudah mengikuti sensus online, meski baru 11% untuk itu, agar sesuai target peran media menghimbau masyarakat melakukan sensus online sangat dibutuhkan, katanya. (Igo/Js)

 

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan