Hadiri Acara Grebeg Suro dan Gawai Dayak

 Sintang

Wabup Askiman sebelum menuju Kenyabur Baru, menyempatkan diri mengunjungi lokasi kebakaran di pasar Sungai Durian, 

Sintang,KRP.Com

Wakil Bupati (Wabup) Sintang, Drs. Askiman, MM menghadiri acara Grebeg Suro dan Gawai Adat di Desa Kenyabur Baru Kecamatan Tempunak Sintang, Sabtu (14/09/2019).

Tabuhan gamelan mendayu-dayu, reog dan gemulai gerak penari, sambut rombongan Wabup.

Wabup Askiman dalam sambutannya katakan, Bila perlu ini kegiatan budaya dijadikan agenda rutin tahunan, ini kegiatan merajut kerukunan diantara masyarakat.

Sintang itu rumah besar kita, ada banyak suku hidup bersama disini. saling menghormati dan menghargai satu sama lain. dengan adanya kegiatan ini pasti kita akan semakin erat hubungan satu sama lain, serunya.

Kegiatan yang difasilitasi Pusat Paguyuban Warga Jawa (PUSPAWAJA) Sintang itu, mengusung tema, ‘Dengan kegiatan grebeg suro dan gawai adat, mari kita jaga kearifan lokal dan persatuan masyarakat Kenyabur guna terciptanya masyarakat maju dan sejahtera.

Antonius Pono, selaku ketua panitia kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kesatuan dalam semangat  bhineka tunggal Ika. Kegiatan ini memadukan dua etnik besar yang mendiami desa tersebut, Jawa dan Dayak.

Kami ingin memberikan contoh bagi anak-anak kami dan bagi orang di luar sana, bahwa meski beda budaya kami bisa tinggal dan hidup bersama dengan baik,” kata Pono.

Biasanya kegiatan ini dilakukan secara terpisah, namun tahun ini kami mencoba melakukan bersama-sama, dn mudah-mudahan berlanjut hingga ke tahun berikutnya, tambahnya.

Kepala Desa Kenyabur Baru, Sutaman mengatakan kegiatan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kenyabur Baru.

Kami bangga bisa menjadi simbol perwujudan Bhineka Tunggal Ika, kata Sutaman.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Sintang Agrianus. Tampak pula, forkopimcam Tempunak, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Pada kegiatan adat dan seni budaya Jawa – Dayak Desa itu, selama Dua hari Dua malam, sukses menampilkan kesenian Jawa dan atraksi seni tarian etnis Dayak.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan pelantikan pengurus adat desa Kenyabur Baru, yang disaksikan para tokoh masyarakat Desa itu, sejumlah pimpinan OPD Sintang, Forkompimcam Tempunak, dilanjutkan membuka tempayan tuak Pemali, sebagai rangkaian pelantikan pengurus adat desa itu.

Untuk diketahui, Wabup Askiman sebelum menuju Kenyabur Baru, menyempatkan diri mengunjungi lokasi kebakaran di pasar Sungai Durian, dan berinteraksi dengan para pemilik lapak yang terbakar. (Humas/Js).

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan