Hadiri Deklarasi Damai Pemilu 2019

 Sintang

Deklarasi Damai Pemilu 2019

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH menghadiri deklarasi damai pemilu tahun 2019 serta pelaksanaan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema bijak bermedia sosial dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai tanpa hoax dan ujaran kebencian.

Acara itu di laksanakan Polres Sintang bekerjasama dengan KPU Kabupaten Sintang di Aula Pendopo Bupati Sintang, Senin (11/3/19).

Hadir dalam acara itu, semua unsur terkait Pemili tahun 2019, termasuk para Caleg dari masing-masing partai.

Dalam kesempatan tersebut Jarot Winarno mengatakan Pemilu tahun ini merupakan pemilih terbesar sepanjang sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia, sejak di helat tahun 1955 silam.

Pemilu pada 17 April mendatang,  masyarakat yang memilik hak pilih akan mendapatkan 5 lembar kertas suara, jadi hal itu bisa membuat masyarakat tidak mengerti seperti apa prosesnya.

Kertas suara nanti hanya presiden dan wakil presiden yang terpampang fotonya, sementara untuk surat suara yang lain seperti DPR RI,DPD,DPRD baik provinsi maupun Kabupaten/Kota hanya huruf yang tertulis sesuai nama masing-masing.

“saya kemarin ngopi dengan pemantau pemilu dari kabupaten Melawi  yang baru pulang dari sokan dimana disana dilakukan ujicoba dengan 100 kertas suara seperti bentuk asli kepada masyarakat di pedalaman di Sokan.

Dari 100 itu yang benar cuman 6 dan 27 sah tetapi yang sah ini bukan nyoblos nama caleg tapi nyoblos partai, sisanya semuanya salah. jadi nuan tenang menyadik siapa yang sudah mengebu-gebu kampanya belum pasti terpilih karensa salah nyoblos”kata Jarot.

Oleh karenanya, kata Jarot untuk menghindari kesalahan-kesalahan pada pemilu tersebut semua pihak yang terlibat dalam proses pemilu ini harus membantu mensosialisasikannya kepada masyarakat, pintanya.

Semenatar itu Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariyadi mengatakan, pihaknya bersama jajaran TNI siap mengamankan pelaksanaan akbar Pemilu tahun 2019 ini.

Untuk itu dirinya meminta dukungan semua pihak untuk saling menjaga situasi dan kondisi di lingkungan masyarakat selama masa kampanye dan pada pelaksanaanya nanti.

Kapolri dan Panglima TNI yang mengajak masyarakat dengan jargon “Nyoblos itu keren” dan TNI bersama Polri menjamin keamanan pelaksnaan pemilu hingga ke TPS.

Sehingga tujuan kegiatan pada hari ini adalah deklarasi pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan berintegritas, kata Adhe. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan