Hadiri Gawe Dayak Desa Mengkirai Jaya

 Sintang

Gawai Dayak Barai di Dusun Mengkirai Hulu.

Sintang,KRP.Com

Masyarakat suku Dayak Barai di  Dusun Mengkirai Hulu Desa Mengkirai Jaya Kecamatan Dedai, Sabtu, (06/07)   melaksanakan  Gawe Nyelapat tahun dan  dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka resmi acara itu.

Wabup dalam sambutannya mengatakan, kegiatan gawe dayak Barai  tentunya tidak hanya merupakan rutinitas namun karena memiliki makna yang sangat luar biasa diantaranya niat melestarikan potensi budaya dayak itu sendiri.

Dayak Barai, tentunya sama dengan sub dayak lainnya memiliki adat istiadat, seni budaya, dan karenanya selayaknyalah kita jaga dan lestarikan agar diketahui generasi kita, sambungnya.

Wabup juga sebut, sebagai masyarakat Dayak Barai  marilah kita gali potensi seni budaya kita, gali semua  adat istiadat  yang kita miliki,  seperti seni budaya tari dan seni kerajinan.

Tadi, tarian pembuka acara ini sungguh sangat luar biasa, menurut saya tarian itu harus dilestarikan untuk menunjukkan identitas suku kita, pesan Wabup.

Wabup selain menyemangati warga dayak Barai soal pelestarian adat, budaya, pun selipkan dukungan pemerintah atas pembangunan menyeluruh untuk mensejahtrakan masyarakat.

Tidak hanya itu, Wabup juga himbau warga untuk terus jalin kerukunan beragama, dan harmonisasi dalam pelaksanaan pembangunan apa saja di desa.

Sementara itu, Camat Dedai Subendi  mengatakan,  bahwa Gawe Nyelapat tahun  suku Barai  di Desa Mengkrai Jaya, tujuannya tidak lain adalah upaya mempertahankan adat budaya.

Budaya adalah merupakan identitas yang harus terus dijaga dan dikembangkan, karena adat mempunyai keunikan tersendiri yang di miliki ssetiap suku. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan