Hadiri Tasyukuran Gedung KUA  

 Sintang

Jarot Winarno saat memberikan sambutan tasyukuran gedung baru Kantor Urusan Agama Balai Nikah dan Manasik Haji Sintang.

Sintang,KRP.Com-Dengan hadirnya gedung baru Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang maka, kualitas pelayanan kepada masyarakat harus semakin meningkat.

Demikian Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika memberikan kata sambutan dalam kegiatan tasyukuran gedung baru Kantor Urusan Agama Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Sintang, di Jl. Akcaya 3 (31/1).

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Ketua MUI Kabupaten Sintang, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sintang, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sintang, dan para tamu undangan lainnya.

Lanjut Bupati Sintang, Kantor Urusan Agama tidak hanya mengurus soal nikah-menikah, kalau kami orang awam yang berbicara, fungsi dari Kantor Urusan Agama ini tau-nya hanya mengurus urusan menikah, padahal tugas pokok fungsi daripada Kantor Urusan Agama itu banyak, kata Jarot.

Menurut Bupati, tugas pokok dan fungsi dari Kantor Urusan Agama itu ada sembilan, Pertama, Mengurus pernikahan, kemudian urusan kemitraan zakat dan infaq, urusan rukyat, urusan layanan informasi dan statistik, urusan manasik haji, urusan bimbingan konseling terkait pernikahan dalam mewujudkan pernikahan yang sakinah mawadah dan warahmah.

Selain itu, Jarot menginginkan bahwa Kantor Urusan Agama untuk bisa memberikan informasi dengan metode modernisasi, tentunya tentang modernisasi dan moderasi umat saat ini, perlu kita tingkatkan dan bahwa masalah nikah saat ini semakin canggih.

Jadi, Kantor Urusan Agama harus mampu untuk mengikuti modernisasi tersebut dengan cara memfungsikan informasi-informasi tentang Kantor Urusan Agama dengan baik dan memfungsikan statistik dengan sebaik mungkin”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Sintang, H. Anuar Ahmad mengatakan  bahwa Kantor Urusan Agama Kabupaten Sintang dibangun di atas dasar bangunan yang lama.

Perlu diketahui lanjutnya, bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang ini sudah beberapa kali pindah, kemudian kalau masih menggunakan kantor yang lama pelayanan yang kita berikan kurang maksimal.

Tapi dengan adanya gedung yang baru ini, kita bisa menunjukkan pelayanan yang terbaik di masyarakat, sebagaimana harapan bupati dn masyarakat, ujar  Anuar Ahmad.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, H. Ridwansyah mengatakan bahwa dengan gedung baru diharapkan para pegawai KUA di Sintang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kita syukuri semuanya Alhamdulillah semangat dalam peningkatan agama semakin tinggi, seperti pembinaan ibadah haji dan manasik haji, pernikahan dan sebagainya kita lakukan di gedung yang baru ini sehingga diharapkan pelayanan harus berjalan dengan lancar dan semakin baik kedepannya”, kata H. Ridwansyah. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan