Irkab Hadiri Sosialisasi Saber Pungli

 Sintang

Inperktorat Kabupaten (Irkab) Sintang, A. Biong, wakili Bupati Sintang, hadiri sosialisasi Saber Pungli di Balai Kemitraan Polres Sintang.

 

Sintang,KRP.com -Kepala Inperktorat Kabupaten (Irkab) Sintang, A. Biong, wakili Bupati Sintang, pada acara Sosialisasi Saber Pungli di Balai Kemitraan Polres Sintang, Kamis (12/4/2018).

Biong menyebut, Pemerintah Sintang telah berkomitmen melakukan sapu bersih pungli ini dilingkngan Pemkab Sintang dengan membentuk Satgas Saber Pungli.

Pimpinan daerah ini, yaitu Bupati – Wakil Bupati sambung Biong, sangat mendukung Satgas Pungli dimkasud untuk tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Bagi Pemkab Sintang lanjut Biong, tindakan pungli dapat mengikis kredibilitas dan akuntabilitas pejabat publik. menyebabkan biaya ekonomi tinggi, sebab itu kami sepakat pungli harus diberantas, katanya.

Ia pun sepakat dan mengapresiasi teroboson Polres tersebut, mengadakan sosialisasi Saber Pungli, mulai dari tindakan pencegahan.

Pembicara lainnya, Ketua UPP Saber Pungli Provinsi Kalimantan Barat, Kombes Pol Andi Musa menjelaskan, Sebagai abdi negara, kita sekalian harus amanah dalam melaksanakan pelayanan publik.

Jangan cari pembenaran  dalam tindakan kita yang melanggar hukum, nanti kita bisa terjerumus, pesannya diawal.

Menurut Andi, alasan yang menjadikan Saber Pungli ini penting, tidak lain karena pungli sudah sangat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat,  tindakan ini sudah sangat membebani rakyat. 

Meski dalam iklan pemerintah, kita katakan pelayanan publik kita mudah dan murah, tapi pada praktiknya pungutan-pungutan liar tetap ada, ujungnya kita pasti kehilangan kepercayaan masyarakat, tegasnya. 

Andi –pun sekaligus mengingatkan kepada para kepala Dinas dan leader-leader di Institusi masing-masing untuk mengendalikan anggota-anggota pelaksana pelayananan publik.

Cara-cara yang harus ditempuh dalam memberantas pungli harus bersifat terpadu, efektif dan efisien.

Kita tidak bisa kerja sendiri, harus sama-sama orang lain juga, jadi sebagai pemimpin kita harus berkomitmen bersama anggota untuk menolak pungli di tempat layanan kita, pinta Andi. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply