Kades – Ketua BPD Desa Merti Guna, Dukung Pembangunan SMPN 9 Nenak Tembulan

 Sintang

Pembangunan SMP Negeri 9 yang terletak di Dusun Nenak Tembulan.

Sintang, KRP.Com

Pembangunan SMP Negeri 9 yang terletak di Dusun Nenak Tembulan, Desa Merti Guna, Kecamatan Sintang, adalah impian dan harapan masyarakat Desa Merti Guna, sekaligus jawaban atas sistim zonasi yang berlaku untuk tingkat SLTP.

“kami sangat bersyukur disaat sistim zonasi bagi SMP diberlakukan, usulan Desa Merti Guna beberapa tahun lalu untuk didirikan SMP, tahun ini direalisasikan pemerintah”. 

Kami sangat bahagia atas perhatian pemerintah saat ini, yang mana sarana pendidikan SMP ini terealisasi di Desa Merti Guna.

Demikian Kepala Desa Merti Guna Yarminus menjelaskan kronologi usulan dan pembangunan SMPN 9 yang kini hampir 80 % berjalan, saat ditemui media ini (29/11).

Yarminus, dalam penjelasnnya mulai dari kronologi usulan hingga hibah tanah, dimulai dari pihaknya dan segenap perangkat desa, tokoh masyarakat, sama- sama berjuang dan dukung penuh supaya pembangunan SMP tersebut terwujud.

Tentunya, dengan berdirinya SMP 9 ini, SD cakupan yang ada di desa lain tidak lagi jauh – jauh melanjutkan SMP, sambungnya.

Kades Yarminus lagi-lagi bersyukur karena selama proses pembangunannya tidak alami hambatan sehingga Januari tahun 2020 proses ajar mengajar SMPN 9 dapat dilaksanakan.

Dan, karena proses pembangunan dan aktifitas belajar dipastikan tepat waktu, Yarminus melalui media ini sekalian minta perhatian pemerintah daerah Sintang agar memperhatikan jalan masuk ke sekolah itu untuk dibangun.

Hal itu Ia mohon supaya anak didik dan guru atau orangtua anak didik yang keluar masuk tidak kotor akibat lumpur.

Sekalian kalau dapat tahun ini, pinta Kades, jalan poros masuk Desa Merti Guna paling tidak dirabat beton karena kondisinya saat ini sungguh memprihatinkan, ini mohon kami karena Desa Merti Guna sudah sandang gelar Desa Mandiri, dan miliki SMP, ini saling punya kaitan, bebernya.

Kades yang didampingi Ketua BPDnya, Anang Hidayat, terkait pembangunan SMP disana juga senada Kades yakni, senang ketika ada pemberitahuan akan dilaksanakannya pembangunan SMP 09 Nenak Tembulan.

Anang berpendapat, dengan dibangunnya SMP Negeri 9 Nenak Tembulan sudah barang pasti akan menimbulkan semangat ingin sekolah lanjutkan SMP anak didik SD cakupannya.

Alasannya tentu saja karena dekat, termasuk dalam kota berkembang, katanya.

Kemudian usul Anang, setelah SMP itu dibangun, pihak pemerintah semua tingkatan segera melengkapi sarana – sarana pendukung termasuk guru PNS atau honor agar proses belajar disana tidak ketinggalan mata pelajaran.

Bahkan menurut Ketua BPD itu, pemerintah saat menempatkan tenaga pengajar ke sana, janganlah tenaga guru yang bernuansa buangan, melainkan haruslah penempatan murni yang memiliki ilmu pengetahuan yang memadai.

Anang juga mengingatkan, bahwa sampai tahun ajaran 2019, anak didik SD cakupan SMPN 09 nanti, rata-rata ke SMP Negeri 2 yang kurang lebih 6 KM dari Desa Merti Guna.

Tentunya, dengan baiknya infrastruktur jalan – jembatan dari dan ke SMPN 09 Nenak Tembulan, pastilah SMP itu akan menjadi pilihan SD cakupannya apalagi ditambah ketersediaan guru yang memadai, ungkap Anang. (Bostang/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan