Kadis PMPemdes Tegaskan Siap Turunkan AKI – AKB

 Sintang

Herkulanus Roni.

Sintang,KRP.Com

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menegaskan bahwa pihaknya sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan pemerintahan desa siap memberikan dukungan penuh dalam upaya menurunkan bahkan meniadakan kasus, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bay (AKI-AKB) di Kabupaten Sintang.

Selama tahun 2020 ini, ada 16 ibu yang meninggal karena melahirkan dan 53 bayi yang meninggal.

“saya prihatin dan sedih mengetahui hal ini”, ujar Roni dalam acara yang membahas soal AKI – AKB daerah itu.

Saya dan kita semua punya istri, anak, atau keluarga di desa yang kurang memahami soal pentingnya memeriksakan kesehatan selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Oleh karena itu,  saya terpanggil dan siap membantu jajaran Dinas Kesehatan yang membutuhkan kerjasama dengan PMPemdes sambungnya.

Kami siap menggerakan 391 pemerintahan desa untuk bergerak bersama menurunkan bahkan nolkan kasus kematian ibu dan bayi, lanjutnya.

Herkulanus Roni juga mengungkapkan, hal PMPemdes membantu program itu dimungkinkan dengan menganggarkannya di APBDesnya untuk menggaji tenaga kesehatan.

Kebijakan ini bisa dilaksanakan dengan harapan tenaga medis yang digaji melalui APBDes merupakan warga desa setempat.

Untuk menjalankan program ini, perlu juga ditetapkan dalam sebuah Peraturan Bupati Sintang, sehingga pemerintahan desa memiliki payung hukum untuk menganggarkan, sarannya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan