Kartiyus : “Litbang Daerah Merupakan Sinergitas Penelitian”

 Sintang

Tujuan Rakor Kelitbangan agar Pemerintah Dapat Membentuk Kelembagaan Litbang di Daerah Masing-masing.

Sintang,KRP.Com

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Kartiyus menyebut, Tujuan rakor Kelitbangan agar pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Barat dapat membentuk kelembagaan Litbang di daerahnya masing-masing.

Lalu, bila sudah terbentuk, harapannya eksistensi lembaga Litbang dalam perannya pada pembangunan di daerah harus optimal.

Sebab, Kelitbangan ini di bentuk adalah dalam rangka sinergi, efisiensi dan efektivitas kegiatan penelitian, tambahnya.

Bahkan kita mengharapkan agar lembaga Litbang nanti, dapat mengkoordinasikan dan memfasilitasi seluruh kegiatan penelitian dan pengembangan di daerah,” kata Kartiyus.

Mulai dari mendukung kebijakan-kebijakan strategis hingga yang umum dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tutupnya.

Sementera Dodi Riyadmadji, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri menyampaikan,  dunia penelitian dan pengembangan, khususnya dalam bidang pemerintahan daerah, Indonesia untuk negara – negara ASEAN dalam hal indeks inovasi masih ada di rating yang rendah.

Padahal, Negara kita kaya dengan sumber daya alam, namun kita lemah mengelolanya karena kurangya Litbang tegasnya.

Jadi untuk menyikapi dinamika dan permasalahan yang berkembang di daerah, Lembaga Litbang yang merupakan lembaga profesional yang bersifat akademisi sudah waktunya ada, pungkasnya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan