KPU Sintang Gelar Simulasi Pencoblosan

 Sintang

Ir Florentinus Anum, M. Si.

Sintang,KRP.Com

KPU dan pihak penyelenggara pemilukada Kabupaten Sintang, Sabtu 21/11, gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS. di Halaman Indoor Apang Semangai.

Kegiatan itu, selain dihadiri Ketua KPU Sintang Hazizah, juga Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Ir Florentinus Anum, M. Si.

Florentinus Anum menyampaikan simulasi ini menunjukan bahwa KPU sudah siap melaksanakan agenda nasional yakni pilkada serentak termasuk Sintang.

Meski simulasi ini terjadi hujan, tapi sasarannya tepaat, ga masalah, katanya.

Dengan penyelanggaraan simulasi ini, bisa dipastikan segala gangguan dipastikan terantisipasi, ini yang penting, sambungnya.

Ketua KPU Sintang Hazizah menjelaskan, Proses pemungutan suara 9 Desember 2020 oleh KPPS memang harus disimulasikan mengingat kita melaksanakan pilkada disaat pandemi covid-19.

Ada hal baru yang harus kita laksanakan baik dalam hal teknis pemungutan dan penghitungan sura, ujarnya.

Simulasi ini lanjut hazizah, menunjukan tata cara yang harus dilakukan oleh KPPS dan masyarakat yang akan mencoblos.

Jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 500 pemilih. Kemudian, berdasarkan aturan main yang baru dikeluarkan formulir juga banyak yang ditiadakan. Misalnya formulir C1 sebutannya sekarang formulir C Plano” terang Hazizah

Dalam hal bilik suara, KPU menyiapkan 3 bilik. Dua bilik untuk yang suhu tubuhnya normal. Satu bilik untuk pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat celcius.

Pemungutan suara akan dilakukan pada jam 07.00 hingga 13.00. lalu dihitung, dan rekap.melalui SIREKAP ini.

KPPS dan saksi pasangan calon wajib memiliki smartphone dan scan barcode.

Secara otomatis akan terlihat hasilnya. Dalam waktu dan hari yang sama, kita bisa tahu hasil penghitungan pada hari tersebut” tambah Hazizah. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan