Lantik LP3KD Sintang Periode 2018-2023

 Sintang

Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah Kabupaten Sintang Periode 2018-2023 resmi dilantik oleh Bupati Sintang Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang.

Sintang,KRP.Com-Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah Kabupaten Sintang Periode 2018-2023 resmi dilantik oleh Bupati Sintang Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang pada Sabtu, 8 September 2018. Agustinus Hata dipercaya sebagai Ketua LP3KD Kabupaten Sintang periode 2018-2023.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan keberadaan agama sudah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan di Sintang karena mengandung nilai kebenaran dan kebaikan yang dapat menciptakan masyarakat beradab, berkualitas dan berdaya saing tinggi. “agama merupakan dinamisator pembangunan daerah. Agama Katolik merupakan salah satu agam yang banyak dianut masyarakat Sintang, maka sepatutnya dibina sehingga menjadi suri tauladan bagi umat beragama lainnya. Pesparani merupakan eskpresi rasa syukur umat Katolik kepada Tuhan  yang diwujudkan dengan bernyanyi. Pesparani merupakan ritual dan ekspresi keagamaan yang membentuk insan beriman dan bertaqwa. Saya menyambut baik kehadiran LP3KD Kabupaten Sintang. Ini energi baru pembinaan keagamaan di Sintang. Saya berpesan, emban amanah ini dengan baik dan tanggungjawab, bangun kekompakan dan jalin komunikasi dengan lembaga keagamaan lainnya untuk menjaga toleransi di Sintang” pesan Bupati Sintang.

Pastor Yohanes Pranoto, Pr mewakili Keuskupan Sintang menyampaikan maju atau tidaknya potensi gereja ada pada pengurus LP3KD Sintang ini. “Kami berterima kasih kepada Presiden, Kementerian Agama Sintang dan Bupati Sintang atas dukungannya. Kami bangga pengurus LP3KD Sintang bisa terbentuk. Saya berharap kelompok paduan suara dan musik gerejawi serta  jenis  lomba  lain  bisa terbentuk untuk mewakili kabupaten Sintang. Kita bersyukur LP3KD Sintang sudah bisa berperan serta pada Pesparani nasional di Ambon nanti untuk mengkoordinir stand pameran mewakili Kalbar. “seluruh pengurus harus disiplin dalam menjalankan tugas sesuai bidang masing-masing sehingga mampu menghasilkan prestasi dan kinerja yang baik. Menyanyi juga bagian dari pewartaan sabda Tuhan, kabar gembira serta pekerjaan bagi gereja. Hari ini bapak ibu sudah dilantik oleh Bapak bupati menjadi pengurus LP3KD Sintang. Kalian harus selalu siap menjalankan tugas dengan baik. Segera bentuk koor atau paduan suara yang baik. Yang sudah menjadi pengurus berarti kalian orang hebat dan siap bekerja bagi gereja. Maka peran bapak ibu harus maksimal Dengan bekerja dengan baik, maka kalian sudah menjadi garam dan terang dunia. Jaga kekompakan dalam internal pengurus. Saling mendukung dan bekerjasama dengan baik satu dengan yang lainnya. Maksimal kan talenta yang dimiliki. Dekatlah selalu dengan Tuhan dan gereja” terang Pastor Yohanes Pranoto, Pr                                                 

Anwar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang menjelaskan LP3KD akan menaungi Pesparani. Sama dengan LPTQ, dan LPPN. “Dan Pesparani setara dan mirip dengan MTQ dan Pesparawi. Pesparani sudah dilaksanakan di berbagai daerah sejak deklarasi Aru tanggal 30 Oktober 2014. Deklarasi tersebut diakomodir oleh dirjen bimas Katolik degan peraturan menteri agama sebagai payung hukumnya. Dirjen bimas Katolik terus membentuk lembaga mulai dari pusat sampai daerah. Pada 25 Oktober sampai 2 Nopember 2018 Pesparani nasional akan dilaksanakan di Ambon. Pesparani untuk meningkatkan keimanan. Memuliakannya kebesaran dan kemuliaan Tuhan. Kami mengharapkan ada gerakan moral dan saling mengisi, kompak tidak saling menunggu. Jangan yang bekerja orang itu itu saja. Laksanakan tugas dengan baik pada periode pertama ini. Tentu ada halangan dan hambatan, tetapi jika bekerjasama maka akan diselesaikan dengan baik” pesan Anwar.

Ketua Umum LP3KD Provinsi Kalimantan Barat Ignatius Liyong menjelaskan jangan sampai hanya namanya yang ada di surat keputusan tetapi harus bertanggung jawab dengan berkerja dengan baik. “Jangan sia siakan kepercayaan Pemda Sintang ini. Pesparani penting bagi umat katolik sebagai bentuk penghayatan nilai rohani dan liturgi serta pendalaman kitab suci. Umat katolik terus meningkatkan keimanan kepada Tuhan dengan tetap bersendikan pada nilai nilai Pancasila. Saya berharap pelantikannya ini menjadi tonggak awal yang baik untuk pelaksanaan Pesparani. Terima kasih kepada Bapak Bupati Sintang. Kami sudah menunjuk LP3KD kabupaten Sintang untuk mengkoordinir stand pameran LP3KD Provinsi Kalimantan Barat di Ambon nanti.  LP3KD Provinsi Kalbar akan mengirim 250 orang ke Ambon nanti. Kami mengharapkan Bapak Bupati Sintang bisa hadir nanti di Ambon” terang Ignatius Liyong.

Agustinus Hata Ketua LP3KD Kabupaten Sintang menjelaskan akan segera melakukan rapat-rapat internal untuk memantapkan kepengurusan. “inikan baru terbentuk, kita perlu melakukan rapat-rapat dulu. Kita akan segera bergerak untuk persiapkan ke Ambon karena sintang dipercaya menjadi koordinator dan mengurus stand pameran Provinsi Kalbar di Ambon nanti” terang Agustinus Hata(Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply