Launching Bantuan Presiden Bagi UMKM

 Sintang

dr.Jarot Winarno menyerahkan langsung bantuan tunai presiden bagi usaha produktif  (Usaha Mikro).

Sintang,KRp.com

 

 

Bupati Sintang dr.Jarot Winarno menyerahkan langsung bantuan tunai presiden bagi usaha produktif  (Usaha Mikro) di Kabupaten Sintang.

 

Bantuan tahap pertama bagi UMKM daerah itu, diserahkan di Pendopo Bupati pada Jumat (17/9/2020) disaksikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan, penomena ini (Covid 19-red) seperti puncak gunung es, pasti nya sangat berpengaruh besar terhadap ekonomi di seluruh dunia.

 

“Jika pemerintah sudah efektif mengelola ini dan rakyat disiplin menjaga diri sendiri, maka barulah Sintang terjaga dari corona”

 

“kita semua di hadapkan pada tiga shock Terapi, terutama shock di bidang ekonomi karena masyarakat sulit mencari penghidupan.

 

Pesan Bupati Jarot mari kita produktif lagi, mari kita hidup lagi karena pada hari ini kita di bantu oleh negara mengatasi resesi ekonomi di seluruh indonesia, katanya.

 

Kepala Dinas Perindagkop H.Sudirman dalam sambutan nya menjelaskan penetapan penerima manfaat bantuan presiden ini.

 

Penerima manfaat katanya, merupakan kewenangan kementerian koperasi dan usaha kecil berdasarkan data dari usulan lembaga pengusul dengan mengunakan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

 

Untuk Kabupaten Sintang ini sebanyak 863 pelaku Usaha Mikro yang berhak mendapatkan bantuan presiden ini yang mana besar nya bantuan RP 2,4 juta Rupiah total secara keseluruhan sebesar Rp 2.Miliar lebih.

 

Program ini lanjut Sudirman, bersifat hibah dan tidak perlu di kembalikan, hanya saja kewajiban sebagai pelaku usaha mikro adalah bagaimana modal yang di berikan secara cuma cuma ini di pergunakan untuk kegiatan pengembangan usaha dan bukan untuk keperluan konsumtif.

 

Untuk pendataan bagi penerimaan manfaat bantuan presiden pada tahap pertama ini sudah di lakukan dari bulan Agustus 2020 dari 14 kecamatan.dan melalui 3 lembaga pengusul,yakni DESPERINDAGKOP DAN UKM :  3.472 usaha mikro, BRI KANCA SINTANG : 275 usaha mikro,KOPERASI : 83 usaha mikro total sebanyak 3.830 Usaha Mikro

 

Persyaratan untuk mendapatkan bantuan presiden ini tentu nya sudah kita seleksi terlebih dahulu yakni, yang memiliki usaha mikro,memiliki nomor induk kependudukan,bukan ASN, TNI/POLRI,pegawai BUMN/BUMD,dan tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan

 

Program bantuan presiden tahap pertama ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha mikro untuk lebih produktif lagi, dapat mengerakan ekonomi masyarakat di kabupaten sintang,dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi

 

Catur Wahyu Pimpinan cabang BRI Sintang mengatakan kita dari pihak Bank BRI selaku pengusul serta penyalur bantuan Presiden ini melalui transfer dari kementerian langsung kepada pelaku Usaha Mikro.

 

Untuk tata cara pencairan bantuan presiden ini harus melihat data yang sudah di validasi oleh kementrian koperasi melalui Bank BRI

 

Setelah memenuhi persyaratan yang ada maka dana tersebut langsung bisa di cairkan,

 

Ada beberapa cara untuk pencairan dana ini bisa melalui ATM,E-Banking,maupun para agent Briling

 

Catur mengatakan,bantuan ini berbentuk tabungan,jika pelaku usaha ingin mengambil sesuai dengan kebutuhan usahanya yang di perlukan juga bisa,dan tidak sekali langsung habis

 

Catur berharap,semoga para pelaku usaha mikro yang mendapat bantuan ini mendapatkan kepuasan atas pelayanan pihak Bank BRI yang siap berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Sintang melalui dinas perindustrian perdagangan dalam pelaksanaan penyaluran bantuan presiden ini, katanya. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan