Lepas Kontingen Sintang Ikuti FSBM

 Sintang

Suasana pelepasan 200 kontingen FSBM asal Kabupaten di Pendopo Bupati Sintang.

Sintang,KRP.Com-Sebanyak 200 kontingen Kabupaten Sintang untuk mengikuti Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sekadau Kamis (1/11) di lepas bupati Sintang Jarot Winarno.

FSBM Sekadau, rencananya akan di helat dari 5 November 2018 hingga 10 November 2018 mendatang.

Dalam arahannya, Bupati Jarot mengatakan kegiatan FSBM tahun 2018 ini Sintang dapat merubah strategi, sebab inilah kali keduanya saya melepas kontingen untuk kegiatan yang sama.

Pertama, tahun 2016 lalu di selenggarakan di Kota Singkawang dan tahun 2018 ini diselenggarakan di Kabupaten Sekadau.

Maksud saya, tahun 2018 ini perlombaan yang di laksanakan daripada tahun sebelumnya, harus ada perkembangan, kata Jarot.

Bupati berpesan, dengan selalu ikutnya MABM Sintang mengikuti FSBM, saya harap ilmu dan nilai seni budaya Melayu yang di dapat di sana dapat dipahami dan di cerna secara baik.

Dan yang paling penting adalah, Ilmu tersebut jadikanlah sebagai pioner terdepan sebagai pelestarian budaya Melayu, pesan Bupati Sintang.

Sementara itu, Ketua DPD Majelis Adat Budaya Melayu Kabupaten Sintang, H. Ade Kartawidjaya mengatakan bahwa Kabupaten Sintang mengikuti 13 tangkai perlombaan dengan total kontingen 200 peserta.

Diantaranya, tangkai perlombaan tari jepin tradisional, vocal grup, lagu melayu, hadrah, syair Melayu, rancang motif Melayu, busana Melayu, pemilihan Bujang Dara Melayu, lomba sampan bidar, pameran budaya, lomba pangkak dan uring gasing, serta menampilkan corak kekayaan budaya melayu Kalbar.

Ade menginformasikan, FSBM Sekadau akan di buka oleh Mendikbud RI, dan merupakan kegiatan 2 tahunan Majelis Adat Budaya Melayu Provinsi Kalimantan Barat. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan