Letkol Inf. Rachmat, Jabat Dandim 1205 Stg

 Sintang

Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 1205/Stg Dan Tradisi Penerimaan Serta Pelepasan Perwira Korem 121/Abw Di Gedung Aula Serbaguna.

 

Sintang,KRP.Com-Danrem 121/ABW Brigjen TNI Bambang Ismawan, SE. MM, di damping Ny. Shita Dewi Bambang Ismawan, Pimpin serah terima Dandim 1205/ Stg, dari, Letkol Inf. Marsana kepada penggantinya, Letkol Inf. Rachmat Basuki

Hadir rombongan Danrem, Kasrem 121/Abw, antara lain, Para Kasi Korem 121/Abw, Para Pasi Korem 121/Abw, Dandim 1201/Mph sampai Dandim 1206 Psb dan Para Dansat/Kabalak Aju Korem121/Abw.

Sertijab yang dilaksanakan Selasa,(24 /4) di Aula Serbaguna Makodim 1205/Stg, ditandai dengan upacara budaya TNI.

Di saat yang sama, Serah terima Jabatan KCK Kodim 1205/Stg dari Ny. Diah Marsana kepada Ny. Dewi Rahmat Basuki, berikut tradisi pelepasan Perwira Korem 121/Abw, acara ini semua disaksikan  Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Ismawan, SE. MM.  

Danrem dalam arahannya saat itu mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AD merupakan salah satu upaya penyegaran organisasi yang dilandaskan pada aspek pembinaan personel maupun aspek pembinaan satuan.

Serah terima jabatan ini hendaknya dimaknai sebagai upaya untuk regenerasi kepemimpinan dengan memberi kesempatan kepada Perwira untuk memperoleh pengalaman tugas yang beragam.

Dengan demikian, akan semakin menambah wawasan pengetahuan dan kemampuan manajerial kepemimpinanya.

Hal itu semata-mata untuk meningkatkan kualitas kinerja, guna menjamin tercapainya keberhasilan tugas pokok satuan, Itulah sebabnya, kita berharap, agar dari waktu ke waktu, dari satu pimpinan ke pimpinan yang lain, Kodim 1205/Stg ini akan semakin eksis, maju dan  berprestasi, serta semakin dirasakan manfaat keberadaannya oleh masyarakat sekitar, sebagai kekuatan pertahanan negara yang profesional, ujarnya.

Sehubungan dengan serah terima jabatan ini, selaku pribadi dan atas nama Komando saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Inf. Marsana, atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya selaku Dandim 1205/Stg selama ini yang selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Pabandya-3/Jianstra Spaban I/Jakrenstra Srenad

       Begitu pula kepada Nyonya Diah Marsana, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kesetiaannya mendampingi suami selama ini dan berperan aktif membina Persit Kartika Chandra Kirana di satuan tempat suami bertugas. 

       Selanjutnya kepada Letkol Inf Rahmat Basuki,  saya mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memimpin Kodim 1205/Stg. Dengan bekal penugasan dan pengabdian sebelumnya, saya yakin tugas yang dipercayakan mulai hari ini akan mampu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

       Terkait dengan itu, saya juga mengingatkan bahwa jabatan yang dipercayakan adalah amanah dari Tuhan yang Maha Kuasa, yang tentunya harus dipertanggung jawabkan kepada-Nya.Demikian pula kepada Nyonya Dewi Rahmat, saya berharap dapat melanjutkan pembinaan Persit Kartika Chandra Kirana cabang XLIX Kodim 1205/Stg ini, sehingga dapat lebih berperan dalam mendukung tugas suami.

Tugas pokok Kodim 1205/Stg yang merupakan satuan kewilayahan di bawah Korem 121/Abw adalah melaksanakan  Pembinaan Teritorial guna mendukung Tugas Pokok TNI Angkatan Darat, harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Cermati secara seksama setiap perkembangan dan dinamika yang muncul di tengah masyarakat melalui sikap kepedulian, ketanggapan kesegeraan dan kesiapsiagaan yang tinggi, dengan tetap berpedoman kepada UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI serta perangkat aturan hukum lainnya.

       Kita menyadari, bahwa kecenderungan perkembangan lingkungan strategis memberikan  gambaran adanya tantangan dan tuntutan  tugas kita ke depan yang semakin besar, beragam dan kompleks, baik dalam lingkup lokal maupun nasional, antara lain dalam waktu dekat akan dilaksanakannya Pilkada serentak pemilihan Bupati/Walikota dan Gubernur Prov. Kalbar. Prediksi Prov. Kalbar merupakan  daerah rawan konflik pilkada harus kita jawab dengan menyiapkan  satuan baik personil maupun materil dan senantiasa menjaga hubungan yang baik dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya sehingga tugas dapat dilaksanakan dengan baik.

       Sehubungan dengan hal tersebut, saya  perintahkan kepada  Dandim 1205/Stg, agar selalu proaktif dan inovatif dalam melakukan koordinasi  di wilayahnya, sehingga kesiapan satuan dan profesionalisme prajurit dapat terwujud dengan maksimal, dalam mengamankan pelaksanaan pilkada.

       Daya inovatif tersebut bagi seorang komandan, tentu harus terus dikembangkan seiring dengan perkembangan satuan dan lingkungan yang terjadi, hal ini penting untuk diperhatikan agar selalu lahir pemikiran dan terobosan baru yang dapat mendukung peningkatan kualitas satuan dalam berbagai aspek pembinaan.

       Demikian Acara Serah Terima Jabatan Dandim 1205/Stg ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama. (Penrem/Red)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply