Lomba Sampan Meriahkan HUT Sintang

 Sintang

lomba Sampan Bidar Sungai Kapuas Depan Pendopo.

 

Sintang, KRP.Com-Dalam  rangka  peringatan Hari Jadi  Kota Sintang ke. 656, Sabtu, 05/05/2018 dilaksanakan Lomba  Sampan Bidar  di Sungai Kapuas tepatnya, Depan Pendopo Bupati Sintang. 

Kegiatan itu dibuka langsung bupati Sintang H jarot Winarno, dan disaksikan ribuan masyarakat.

Lomba Sampan Bidar  merupakan kegiatan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap peringatan hari jadi Kota Sintang, saya senang acara ini dilestarikan.

Lomba Sampan bidar ini dua  tahun lalu Kabupaten Melawi  berhasil menjadi juara,  dan pada Tahun 2017 Kabupaten Sekadau juga  menjadi juara, sedangkan  Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah belum berhasil menjadi juara, namun pada Tahun 2018 bertekad  bisa menajdi juara, ujar Jarot.

Menurut Jarot, Lomba Sampan Bidar  ini sebagai wujud melestarikan dan menjaga tradisi peradapan  masyarakat di Sungai Kapuas.

Sehingga, lomba sampan ini sangat penting  sebagai salah satu kegiatan tradisional di sungai.

Untuk menggairahkan peserta sambung Jarot, panitia mempersipakan Tropi bergilir dan  Piala Juara tetap serta uang tunai sebagai wujud pembinaan, bahkan hadiah  berupa sembako beras disediakan, ungkapnya.

Jarot menjelaskan, Sintang ini rumah besar bagi seluruh elemen bangsa, bisa hidup rukun dan damai, jadi kedepan dengan semakin majunya budaya tradisional, akan berdampak pada terbentuknya Propinsi Kapuas Raya.

Sementara  itu,  Panitia  Penyelenggara, Erwin Simanjuttak menyatakan,  kegiatan ini selain untuk memeriahkan HUT Sintang juga  untuk  memasyarakatkan Olah raga sampan.

Lagi, untuk menjaring bibit atelit berbakat dalam Olah Raga Dayung, sambungnya.

Erwin menambahkan, jumlah peserta Lomba sampan Bidar ini sebanyak 58 peserta, terdiri dari 21 peserta berasal dari Kabupaten Sintang,  serta sebanyak 37 peserta dari Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau.

 ”dalam satu regu sampan ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 orang sebagai peserta dan 2 orang cadangan  dan para peserta lomba melintasi sepanjang 800 meter  dengan start dimulai dari lintasan penyebrangan listrik di jalan Pengeran Kuning sampai Finis Siring sungai  depan Pendopo Bupati Sintang”.

Erwin Simanjuntak menambahkan,  Lomba Sampan Bidar ini dilaksanakan selama 2 hari  mulai  hari (Sabtu-Minggu).

Pada pembukaan lomba turut hadir, Wakil Bupati Drs.Askiman,MM, Sekda Sintang Yosepha Hasna, Danren 121/ABW, Sultan Sintang,  serta  para pejabat Forkopimda Pemerintah Kabupaten Sintang.(Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply