Lounching  Lo  Pintar SMPN 1  Sintang

 Sintang

Bupati Sintang Jarot Winarno Mebuka kegiatan Lounching Lo Pintar di SMPN 1 Sintang

Sintang,KRP.Com-Guna  memberikan  pemahaman  dan pendidikan berkarakter  kepada  para siswa, Dinas  Pendidikan  dan kebudayaan Kabupaten  Sintang Kamis, (31/05)  melaksanakan kegiatan  Lounching  Lo Pintar “Lorong Pintar Berkarakter” Program Pendampingan  Penguatan  Pendidikan  Berkarakter  SMP  Berbasis  Budaya Sekolah  di SMP Negeri  1  Sintang.

Dalam sambutannya  Bupati Sintang menyatakan,  dalam melaksanakan pendidikan karakter itu tidak  mudah, tentunya yang andil besar adalah rumah-tangga masing-masing.

Ketika anak-anak kembali kerumahnya, sejak kecil lingkungan keluarga menempa  karakter mereka  dan kita  dilingkungan sekolah mempunyai kesempatan  untuk memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak kita pada saat jam belajar sekolah ditambah dengan kegiatan  ektrakulikuler.

Menurut  Bupati, Pendidikan karakter  kepada para siswa disekolah  juga mempunyai  kesempatan pada saat jam belajar  dan ekstrakulikuler meluli  berbagai kegiatan  diantaranya  diluar kelas.

Pendidikan muatan Lokal pada mata pelajaran, salah satunya kita memanfaatkan bagaimana Lorong sekolah ini  menjadi medium yang sederhana, inovatif,  untuk pendidikan karakter anak-anak kita.

Seperti yang  di Tulis di dinding Sekolah SMPN 1 “LISA” Lihat Sampah Ambil, itu merupakan salah satu bentuk  pendidikan karakter siswa, sambung Bupati.

Dijelaskan bupati, Pada usia 12 hingga 15 tahun anak-anak memasuki masa “Pubertas” dan pada usia ini ada 2  karakter  yang mereka miliki , dan kita harus hati-hati dalam mengelolanya.

Anak-anak usia segini, memiliki  sifat berani-berani mengambil resiko Energy berlebihan  serta   Rentan dengan Tekanan yang ada di  Lingkungannya seperti dikatakan Kau Ini laki-laki atau Banci kok gak berani.

Kata-kata ini yang biasanya menjadikan mereka  mencoba-coba untuk melakukan sesuatu walapun itu sesuatu yang tidak baik.

Bupati menegaskan,  apabila anak-anak kita  bisa melewati dengan baik pada  masa-masa  usia  12  hingga 15  Tahun tersebut dengan baik ,  mereka  akan menjadi Generasi Emas, inilah peran  kita  untuk memberikan Pendidikan karakter kepada ana-nak kita, jelasnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang  Ernawati selaku Proyek Leader  menyatakan,  Program  Lounching Lo Pintar  ini merupakan salah satu kegiatan  program pendampingan Penguatan pendidikan Karakter siswa SMP  berbasis Budaya Sekolah  pada seluruh Sekolah mennegah pertama(SMP)  se Kabupaten Sintang.

Ernawati  juga menegaskan, Program Lo Pintar  ini   juga merupakan implementasi  peraturan Presiden-RI   tentang Penguatan Pendidikan Karakter , dan juga merupakan  dukungan dari para  Steakholder  Internal  serta  Stakholder Eksternal sehingga dapat dilaksanakan, dan SMP Negeri 1 Sintang  mendapat kepercayaan   sebagai Tuan Rumah  Lounching Lo Pintar hari  ini.

Dalam kegiatan Lounching Lo Pintar hari  ini, Komitmen Bersama  penandatangan  Penandatanganan Pendampingan  Pendidikan karakter  pada Satuan pendidikan  di Kabupaten Sintang oleh Beberapa Instansi terkait yang disaksikan  dan disahkan secara langsung  Bupati Sintang. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply