Melky : “Busana bisa menjadi ikon daerah”

 Sintang

Pekan Gawai Dayak Sintang 2019.

Sintang, KRP.Com

Tim Humas PGD Sintang, pasca fashion show busana anak – anak motif dayak,  berkesempatan berbincang dengan salah seorang guru sejarah, Melky Yulius.

Melky yang biasa disapa, menarik mendengar pendapatnya, komentarnya atas kegiatan fashion show anak yang menurutnya merupakan bentuk materi pembelajaran sejarah.

Lewat motif, asesoris pada baju adat, kita bisa melihat keanekaragaman tiap sub-sub suku, dan dari motif busana kita dapat mengetahui identitas pemakainya/asal usulnya, maka itu peragaan busana sangat penting,  tambah lulusan Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta itu.

Melky menyebutkan, kenapa kegiatan fashion show menjadi penting, tidak lain karena kegiatan itu sendiri merupakan proses pendidikan sejarah untuk menjadi alat menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Sebab itu, busana daerah itu bisa menjadi ikon daerah,  Hanya saja, acara dan materi busana tradisional ini di tampilkan belum bisa kita jadikan sebagai acara besar.

Demikian pula adakan sarana belajar di sekolah karna masih terbatas anggaran dan SDM yang mengerjakan, pungkas guru di SMAN 1 Kayan Hulu itu lagi. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan