Meriahkan HUT RI, Cegah Stunting, Laksanakan Donor Darah

 Sintang

kegiatan donor darah.

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH membuka kegiatan donor darah dan cegah stunting bersama relawan Binjai Betalau, Tim Bank Data Golongan Darah (BDGD) Kecamatan Binjai Hulu, di halaman Kantor Camat Binjai Hulu, Selasa (2/9/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Kegiatan itu pun dihadiri Kadis Kesehatan Kab. Sintang dr. Harysinto Linoh, anggota DPRD Kab. Sintang Melkianus, S. Sos, , unsur Forkopimcam Binjai Hulu dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan Pemkab Sintang sangat mendukung terselenggaranya kegiatan donor darah dan cegah stunting dj Kecamantan Binjai Hulu ini. Karena kegiatan ini menurutnya sangat mengandung nilai-nilai luhur.

Saya jadi dokter di pedalaman bantu orang sakit, pak Sinto pun demikian juga, tenaga-tenaga kesehatan yang lainnya pun demikian. Tetapi filosopi dari bank golongan darah ini lebih luhur dari apa yang telah kami lakukan”kata Jarot.

Menurut Jarot, dengan kita melakukan donor darah, hal itu membagi kehidupan dengan orang lain. Kemudian orang yang kita bagi kehidupan itu tanpa pedulikan siapa saja, karena kita tidak tau darah yang dikumpulkan atau di donorkan itu pada akhirnya akan menolong dan menyelamatkan siapa.

Sehingga ketika kita melakukan donor darah itu sudah diniatkan dengan ikhlas  bahwa saya akan membantu siapapun tanpa memandang golongan, agama, status sosial dan lainnya. Niatkan bahwa saya ikhlas membantu siapa saja yang membutuhkan darah saya”ungkap Jarot.

Sementara itu, Camat Binjai Hulu, Kusnidar, mengatakan kegiatan ini sudah di lakukan dua tahun berturut-turut, dimana pada tahun lalu di bentuk bank golongan darah, tapi belum membentuk relawan, hanya baru membentuk struktur, sistem, perangkat agar kegiatan ini benar-benar serius dan di percaya serta di akui elemen masyarakat.

“Nah, pada tahun 2020 ini kita sudah membentuk relawan, relawan ini terdiri dari berdasarkan golongan darah dan setiap desa tahun ini awal kita ambil satu desa 3 orang pergolongan darah. Jadi ada 4 golongan darah, ada 12 orang di kali 12 desa, jadi sekitar seratus lebih. Kita bersyukur masyarakat di desa siap menjadi relawan”kata Kusnidar

Anggota DPRD Kab. Sintang  Melkianus menyampaikan, selaku mitra pemerintah daerah sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas langkah yang sudah diambil Kecamatan Binjai Hulu ini, para relawan, pendonor, yang sudah memberikan kegiatan kemanusiaan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah nantinya.

“Yang saya tau, ini tempat yang pertama atau kecamatan yang pertama di kabupaten Sintang, ini tentunya berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat baik kecamatan, puskesmas, para kades dan lainnya. Kegiatan ini harus di lanjutkan dan di pertahankan, karena ini untuk kemanusiaan”ujar Melkianus. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan