PGD Gelar Pemilihan Budara

 Sintang

PGD Gelar Pemilihan Budara 2019.

Sintang,KRP.Com

Pada Pekan Gawai Dayak (PGD) Sintang tahun ini, agenda pemilihan Bujang dan Dara (Budara) juga di gelar, untuk para peserta Rabu (10/7) diberikan arahan oleh Wakil bupati (Wabup) Drs Askiman di Balai Pegodai.

Wabup membekali peserta Budara pertama, meminta peserta agar memahami potensi anak-anak muda Dayak adalah asset dan layak dikembangkan.

Kita ini adalah masyarakat adat Dayak. Maka bujang dan dara gawai harus menyadari betul bahwa bujang dan dara dayak adalah bagian penting dari masyarakat adat.

Kita (Dayak-red) memiliki sejarah adat, banyak sub suku, kalian wajib mempelajari  sejarah itu supaya dapat mempertahankan keberadaan Suku Dayak kedepan, ajaknya.

Kita tidak cukup hanya memiliki lembaga seperti Dewan Adat Dayak saja, tetapi perlu juga kelembagaan di level internasional.

Di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sambung Wabup, ada kursi khusus untuk perwakilan Bangsa Dayak. Sehingga suara dan aspirasi bangsa Dayak yang ada di beberapa negara bisa didengar oleh PBB, ungkap Askiman.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut para alumni Pemilihan Bujang dan Dara Gawai Tahun 2017 dan 2018.

Ernawati, Koordinator Seksi Pemilihan Bujang dan Dara Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII Tahun 2019 menjelaskan bahwa pembukaan karantina dan pembinaan kepada peserta Bujang dan Dara Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII Tahun 2019 merupakan tahapan pemilihan Budara Sintang. 

Proses pemilihan berlangsung selama 6 hari, sambungnya.

Erna melanjutkan, Tahun ini peserta terbanyak sejak diadakanya pemilihan Budara, yakni sebanyak 34 orang terdiri dari 15 bujang dan 19 dara.

Mereka merupakan putra putri Dayak yang diutus oleh DAD kecamatan, lembaga, sekolah dan sanggar.

Tujuan pemilihan bujang dara Gawai adalah untuk  menggali bakat dan potensi anak muda Dayak Kabupaten Sintang.

Kita akan dampingi dan bimbing selama satu tahun. Ini ajang pembinaan agen pelestarian seni budaya Dayak” tegas Ernawati. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan