Prajurit 121/Abw Mendapat Penyuluhan Hukum  

 Sintang

acara Penyuluhan Hukum kepada Prajurit, PNS dan Persit di Satuan jajaran Korem 121/Abw.

Sintang,KRP.Com-Kasrem 121/Abw Kolonel Inf Achmad Solihin mewakili Komandan Korem 121/Abw membuka acara Penyuluhan Hukum kepada Prajurit, PNS dan Persit di Satuan jajaran Korem 121/Abw. Sebagai Nara Sumber kegiatan Penyuluhan Hukum Kakumdam XII/TPR Kolonel Chk Gatot Subandrio, S.H dan Ka Otmil II-06 pontianak Kolonel Chk (K) Sri Widia Astuti S.H., M. H. bertempat di aula Korem 121/Abw, jalan Pangeran Kuning, Sintang (16/5 ) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Para Kasi Korem 121/Abw, Dandim 1205/Stg, Para Dan/Ka Balak Aju se wilayah Sintang, Pengurus dan anggota Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII/Tpr  serta anggota Makorem 121/Abw.

       Kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan suatu upaya untuk mencegah terjadinya tindakan dan perbuatan yang bertentangan dengan norma kehidupan prajurit baik hukum disiplin maupun hukum pidana di lingkungan Korem 121/Abw, sebagai wujud nyata dari pengawasan melekat atau pengawasan internal sebagai salah satu fungsi komando dalam melaksanakan program pembinaan personel dan pembinaan mental untuk meningkatkan kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan prajurit terhadap ajaran agama, etika dan moral serta peraturan hukum dan tata tertib. Sebab pada dasarnya Prajurit yang melakukan tindak pidana dan pelanggaran hukum disiplin militer disebabkan beberapa factor diantaranya faktor mental yang lemah atau takut menghadapi permasalahan, faktor ekonomi dan faktor pergaulan di lingkungannya.

 

       Diharapkan dengan di laksanakannya  kegiatan penyuluhan hukum kepada Prajurit Korem 121/Abw dan jajaran serta Persit akan dapat memahami dan mengerti tentang aturan yang berlaku dilingkungan kehidupan prajurit, sehingga ke depannya tidak terjadi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Prajurit, PNS dan anggota  Persit khususnya dijajaran Korem 121/Abw.

Pembinaan Hukum merupakan fungsi komando   yang   sudah   diprogramkan oleh Pimpinan TNI yang diselenggarakan secara berlanjut dan berkesinambungan sekaligus merupakan wahana untuk meningkatkan kesadaran hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan Organisasi TNI-AD, khususnya di lingkungan Korem 121/Abw.

       Saya berharap kepada seluruh prajurit, Persit, dan PNS agar semua materi yang akan diberikan oleh narasumber dari Kumdam XII/Tpr dapat dijadikan pedoman di dalam bertugas sehari-hari dan dalam keluarga sehingga tidak terjadi pelanggaran yang bersifat Pidana maupun pelanggaran disiplin yang dapat mencoreng nama baik Korem 121/Abw, Pungkas Kasrem. (Penrem/Js)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply