Resmikan Gereja St. Martinus Kelam

 Sintang

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH bersama Bapak Uskup Sintang, Mgr. Oton Sidin, OFM.Cap meresmikan gedung Gereja St. Martinus Kelam, di Kecamatan Kelam Permai.

 

Sintang, KRP.Com.-Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH bersama Uskup Sintang, Mgr. Oton Sidin, OFM.Cap meresmikan gedung Gereja St. Martinus Kelam, di Kecamatan Kelam Permai, Sabtu (27/1/2018).Bupati menyampaikan harapannya agar umat Katolik di paroki Kelam – Dedai, sama dengan menghias gedung gerja yang bagus itu dengan mempertebal iman dan taqwa.

Dengan perubahan gereja ini, dengan kemegahan, hendaknya sikap, perilaku dan taqwa umat berubah pula,” kata dr. Jarot.

Ia menyebut, Pemerintah Sintang berharap umat katolik jadi lokomotif  terdepan umat  beragama di daerah ini, dalam kehidupan religius dan bermasyarakat yang kita cintai ini.

Kami (Pemerintah-red) sangat berterima kasih, gereja ini sangat selaras misi pembangunan iman harmonis pemerintah.

Lagi, bangunan identik dengan alam sekitarnya,” ungkap bupati.

“Saya berharap gereja ini akan menjadi icon kabupaten Sintang khususnya Kelam terlebih dalam menyonsong kegiatan festival investasi bukit kelam, pada bulan Aagustus nanti,” katanya lagi. 

 

Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.Cap mengungkapkan bahwa rasa syukur umat hendaknya terwujud dalam setiap tindakan kebersamaan masyarakat.

“karena kita adalah bagian dari masyarakt indonesia, apa yang kita kerjakan kita selesaikan bersama-sama,” kata Mgr. Samuel.

Peresmian ini menyiratkan bahwa masyarakat indonesia ikut berpartisipasi dalam proses pembangunan gedung gereja ini,” ujarnya lagi.

Peresmian ini menjadi waktu kebersamaan dalam keberagaman kita. Kita mensyukuri apa yang tuhan kerjakan untuk kita melalui banyak orang,” tambah Samuel. 

 

Ketua panitia, Ensawing mengungkapkan alasan pendirian gedung gereja yang baru, seiring dengan pertumbuhan umat di paroki kelam dari tahun ke tahun.

Gereja yang ada tidak lagi cukup untuk menampung keberadaan umat untuk ibadat. Hal itulah yang menjadi dasar pembangunan gedung gereja baru ini,” kata Ensawing.

Dana pembangunan ini diperoleh dari swadaya umat dan sejumlah sumbangan dari donatur,” ungkapnya. (Humas/Js}

Author: 

Related Posts

Leave a Reply