Resmikan Jembatan Sungai Ulak

 Sintang

Peresmian Jembatan di Sungai Ulak.

Sintang, KRP.Com

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, di damping sejumlah pimpinan perangkat daerah itu, Sabtu (1/6) meresmikan jembatan komposit Sungai Ulak di Kelurahan Ulak Jaya, Kecamatan Sintang.

Orang nomor satu di Sintang itu meresmikan jembatan Sungai Ulak, ditandai dengan pemotong pita “Anang luat lagi bah,  Udah jadi jembatan kita tuk,” kata dr. Jarot kepada masyarakat setempat yang hadir.

Bupati menerangkan, Jembatan Sungai Ulak keberadaannya menjadi sangat penting karena berada di ruas jalan protokol yakni Sintang – Ketungau, bertahun-tahun yang lalu, jembatan ini hanya dibuat dari rangka kayu sehingga hampir setiap tahun kita harus selalu perbaiki.

Sekarang, dengan bahan komposit maka jembatan akan dapat digunakan lancar sebab bisa bertahan lebih lama, lanjutnya.

Kepada masyarakat bupati kemudian himbau supaya menjaga jembatan tersebut seraya mengabarkan bahwa tahun ini juga ada pengerjaan di kawasan itu yakni penimbunan titik titik rawan banjir sampai ke Simba.

Beni Syahbani, selaku Kepala UPJJ Wilayah 2 dan 3 Dinas PUD menjelaskan, Jembatan Sungai Ulak dinamai jembatan komposit, karena pembangunannya kombinasi cor beton dan rangka besi.

Panjang jembatan 20 meter, lebarnya 4,70 sementara kiri dan kanan dipakai untuk pejalan kaki, sehingga total jembatan tinggal 3 meter  lebih.

Menurut Beny, ukuran jembatan 3 m lebih sengaja dibangun demikian karena pertimbangan banyaknya anak-anak sekolah yang melewati jembatan itu.

Kemudian, ukuran lebarnya seperti itu sengaja dibuat agar tidak terjadi silang kendaraan di atas jembatan, sehingga ketahanan jembatan  dapat lebih lama, paparnya.

Menurut Beny, kemampuan jembatan menahan beban kurang lebih 8 tonase. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan