Resmikan Pustu Gandis Hulu

 Sintang

Peresmian Unit Puskesmas Pembantu  ( Pustu) Di Desa Gandis

Sintang,KRP.Com

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, Minggu (24/3) meresmikan Unit Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Gandis Hulu Kecamatan Dedai.

Pembangunan Pustu ni sangat bermanfaat buat masyasrakat, Dengan adanya pustu ini lebih dekatlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat kita, ujar Jarot mengawali sambutannya.

Ia menjelaskan, Indeks pembangunan desa dalam bidang kesehatan itu bunyinya adalah, “dalam waktu kurang dari 30 menit masyarakat desa harus sudah bisa menemukan fasilitas kesehatan” nah…. itulah yang pemerintah penuhi sekarang, tambahnya lagi.

Ia melanjutkan, Dana DAK penugasan, regular, maupun afirmasi bertahun-tahun tidak boleh untuk membangun Pusdes, Puskesdes, Pustu, masih dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Meski demikian, Ia kemudian membenarkan bahwa pembangunan Pustu Gandis Hulu ini belum selesai, masih ada 3 hal yang menjadi catatannya, yakni belum adanya instalasi listrik, air bersih dan furniture pendukung layanan.

“Nanti kita sama-sama anggota dewan kita usahakan supaya operasionalnya lancer, janji dr. Jarot.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Syahroni menyampaikan bahwa selaku wakil rakyat mengaperesiasi pengaadaan Pustu ini Gandis Hulu yang berawal dari aspirasi masyarakat melalui Musrembang.

Ia mengakui Pustu di sana sudah lama di dambakan mengingat kebutuhan mendasar kesehatan.

Tidak cuma Pustu sambung Syahroni, akses jalan Gandis Hulu ke ibukota kecamatan Dedai  juga Ia sampaikan supaya mendapat perhatian pemerintah.

Kepala Desa Gandis Hulu, Hizra Firmasyah atas nama masyarakatnya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten atas bantuan fasilitas kesehatan tersebut. Ia berharap akan ada perbaikan kesehatan bagi 700 lebih masyarakat yang dipimpinnya itu.

Kami berharap kepada kepala dinas dan kepala puskesmas agar petugas yang ditempatkan di pustu Gandis Hulu dapat melayani dan berkomitmen dengan masyarakat.

Sebaliknya, Kades juga menghimbau masyarakatnya agar bekerja sama dengan petugas yang nantinya akan bekerja di sana.

 

Masih diwaktu yang sama sore harinya, Bupati Jarot juga berkenan menutup turnamen sepak bola, Pemuda Cup  Desa Gandis Hulu.

Ia menyampaikan nasehatnya bagi yang kalah jangan putus asa, sementara kepada pemenang Ia ucapkan selamat dan sebagai juara jangan segera puas.

Teruslah berlatih, masih banyak kesempatan meraih juara, yang penting masyarakat Dedai bersatu, ujar dr. Jarot.

Penggemar Manchester United itu mengungkapkan, bahwa olahraga tidak hanya sekedar mewujudkan masyarakat Sintang yang sehat tapi dengan menggalakkan olah raga keberadaan sarana olahraga menajadi ada.

Bahkan manfaat yang jauh lebih penting lagi adalah kegiatan ekonomi masyarakat sekitar berjalan, pungkasnya.

Camat Dedai, Subendi juga sangat bersyukur dengan kegaitan positif pemuda wilayahnya, mudah-mudahan bisa jadi agenda tetap di tahun-tahun mendatang, katanya lagi. (Humas/Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan