Sofian : “Sejauh ini, Pembangunan yang dikawal TP4D masih jalan”

 Sintang

Ketua TP4D Sofian SH dan salah satu pembangunan USB di Desa Merti Guna.

Sintang, KRP.Com

Ketua Tim Pengawal, Pengaman, Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) Daerah kabupaten Sintang, Sofian SH, mengatakan, Seperti halnya tugas TP4 pusat, tugas TP4D provinsi dan kabupaten, juga mempunyai tugas masing-masing.

Seperti mengawal, mengamankan, dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan / preventif dan persuasif.

Hal disampaikan Sofian SH kepada media ini (13/12) diruang pelayanan publik Kejaksaan Negeri Sintang, ketika dimintai informasi terkait pembangunan 2019 di daerah itu.

Di kabupaten Sintang lanjut Sofian, ambil contoh tahun 2018 TP4D ada juga mendapat laporan terkait pelaksanaan pembangunan, seperti milik Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Disperindagkop, ada yang ditindak dan ada dikembalikan ke pemerintah untuk jalan keluarnya.

Hanya saja, operasional TP4D 2018 tidak bisa seperti yang diharapkan oleh karena keterbatasan banyak hal, namun yang namanya tugas pokok dan fungsi TP4D itu sendiri, tetap dilaksanakan, sambungnya.

Sofian melanjutkan, ditahun 2019 ini tugas TP4D Januari – 21 November  2019, boleh disebut berjalan baik seperti tahun sebelumnya, namun karena tgl 22 November 2019 ada edaran Kejaksaan Agung yang menyebut antara lain per 2020 Kejaksaan tidak lagi menerima permintaan keterlibatan di TP4D.

Meski bunyi edaran jelas demikian, masih ada poin lain bahwa TP4D 2019 masih diminta untuk melaporkan evaluasi pembangunan 2019.

Maka kaitan tugas TP4D per November 2019, sebagaimana fungsi pengawalan, pengamanan pembangunan di Sintang sejauh ini tidak ada masalah, meski demikian TP4D terbuka untuk semua bentuk laporan masyarakat.

Seperti ada yang memanfaatkan TP4D untuk mendapatkan sesuatu dari kontraktor dan bentuk lain, silahkan laporkan, tantang Sofian.

Sofian mengatakan, nyaris semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang meminta pendampingan ke TP4D masih baik-baik saja informasinya.

Seperti di PUPR, Dinas Pendidikan, yang banyak melakukan rehab sekolah, rumah dinas dan pembangunan unit sekolah baru, Dinas kesehatan, tahun 2019 ini, semua masih kami kawal agar pembangunannya sesuai harapan.

Harapan yang selalu diungkapkan Peresiden Jokowi, berantas korupsi dan sejahtrakan masyarakat dengan pembangunan itu, kutipnya.

Untuk sekedar diketahui pembaca, pembangunan 2019 di Kab Sintang memang benar masih ada yang sedang berjalan dan ada pula yang sudah selesai sesuai tahun anggaran per Desember 2019.

Seperti pembangunan unit sekolah baru SLTP Nenak Tembulan Desa Merti Guna, oleh Sekretaris Dinas Pendidikan daerah itu, Yustinus mengklaim siap dioperasikan pada ajaran baru 2020/2021 (Js)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan